Gempa 6,4 SR Guncang Jatim dan Bali, Tiga Warga Meninggal

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA –  Gempa dengan magnitudo 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jawa Timur (Jatim) dan Bali, Kamis (11/10) pukul 01.57 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jatim pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD Provinsi Jawa Timur,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat (Pusdatin dan Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (11/10) pagi.

Sutopo menjelaskan berdasar data sementara dampak gempa, dilaporkan tiga korban meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. “Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam, Kabupaten Semenep, Jawa Timur,” katanya.

Dia menyebut tiga korban meninggal adalah Nuril Kamiliya (L/7), Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep. Kemudian Nadhar (P/55), Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep, serta seorang laki-laki dewasa yang masih diidentifikasi di Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep. “Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh,” katanya.

Menurut Sutopo, saat gempa Kamis (11/10) dini hari itu, korban sedang tidur. Tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh. “Korban tidak bisa menyelamatkan diri,” ungkapnya.

Sutopo melanjutkan beberapa rumah mengalami kerusakan. BPBD Jatim dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan. Kerusakan rumah terdapat di Desa Jambuir, Kecamatan, Gayam Kepulauan Sapudi, Sumenep. Kemudian, di Kopedi, Kecamatan Bluto, Sumenep, Kertasada, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Masjid Desa Gendang Timur Kecamatan Sepudi, Sumenep, dan Nyabakan Timur Kecamatan Batang-Batang, Sumenep.

Dia menambahkan gempa bumi dengan magnitudo 6,4 SR yang kemudian telah dimutakhirkan BMKG menjadi 6,3 SR terasa di seluruh wilayah Jatim.

Meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupatan Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Denpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram, III MMI di Pandaan. “Artinya gempa dirasakan ringan hingga sedang. Secara umum tidak banyak dampak kerusakan akibat gempa,” katanya.

Posko BNPB terus memantau perkembangan dampak gempa dan penanganannya. 

(boy)

loading...

Feeds

ypt

YPT Bangun Telkom University Landmark Tower

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Telkom University tengah mempersiapkan dua Fakultas baru. Untuk merealisasikannya, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) akan membangun fasilitas gedung …
musim

Musim Kemarau,Waspada Terjadi Kebakaran

POJOKBANDUNG.id, CIMAHI – Pemadam Kebakaran Kota Cimahi mewaspadai potensi kebakaran ilalang dan kebakaran akibat pembakaran sampah memasuki musim kemarau tahun …
devisit

Kota Bandung Devisit Anggaran Rp609 Miliar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki sejumlah alternatif untuk menambah pendapatan daerah. Pemangkasan anggaran belanja tidak langsung kemungkinan …
militer

Taman Militer Cimahi Sedot Rp 450 Juta

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Untuk memperindah tata kota, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cimahi segera melakukan pembangunan dekorasi kota. Khusus …

Pentingnya Adaptasi Akuntan di Era 4.0

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) bekerjasama dengan Pranadipta Consulting melaksanakan Focus Group Discussion …
komando

Koopsau Torehkan Tinta Emas

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Sejak dibentuk pada tanggal 15 juni 1951, Komando Operasi TNI Angkatan Udara telah menorehkan banyak tinta emas dalam …
tiga

Tiga Raperda Terus Dibahas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Provinsi Jawa Barat terus mematangkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Tiga …