Bahaya Korupsi, Mendagri Warning Kepala Daerah Baru Dilantik

POJOKBANDUNG.com – Mendagri Tjahjo Kumolo prihatin melihat kenyataan masih ada kepala daerah terjerat kasus korupsi. Padahal, pihaknya sudah berkali-kali mengingatkan mengenai bahaya korupsi.

Menurut Tjahjo, banyaknya kepala daerah terjerat korupsi harusnya menjadi peringatan pada kepala daerah untuk lebih berhati-hati dalam mengelola anggaran, terutama bagi kepala daerah yang baru dilantik.

“Ini benar-benar warning. Jangan lagi bermain-main dalam mengelola anggaran,” ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (10/10).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini lebih lanjut mengatakan, sebenarnya sudah banyak cara yang dilakukan pemerintah pusat untuk mengingatkan pemerintah daerah.

Misalnya, berinisiatif mengajak para gubernur yang baru dilantik Presiden Jokowi bertemu dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Tjahjo, saat bertemu pimpinan lembaga antirasuah tersebut, para kepala daerah diberi pemahaman utuh tentang area rawan korupsi dan segala hal yang terkait dengan pencegahan korupsi.

Ia berharap langkah yang dilakukan dapat benar-benar bermanfaat bagi para kepala daerah, sehingga lebih berhati-hati mengelola anggaran dan tidak lagi berani untuk mencoba melakukan korupsi.

“Saya ajak ke KPK supaya teman-teman gubernur paham area rawan korupsi yang berkaitan dengan perencanaan anggaran, perizinan, pajak dan retribusi, mekanisme pembelian barang dan jasa dan lain-lain,” pungkas Tjahjo.

(gir)

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Tujuh Pendiri Saung Udjo Digugat

Sidang pertama penggugat pemisahan lahan peninggalan Udjo oleh Daeng Oktafiandi Udjo digelar di PN Bandung, Selasa (11/12). Namun, dari tujuh …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …