Bahaya Korupsi, Mendagri Warning Kepala Daerah Baru Dilantik

POJOKBANDUNG.com – Mendagri Tjahjo Kumolo prihatin melihat kenyataan masih ada kepala daerah terjerat kasus korupsi. Padahal, pihaknya sudah berkali-kali mengingatkan mengenai bahaya korupsi.

Menurut Tjahjo, banyaknya kepala daerah terjerat korupsi harusnya menjadi peringatan pada kepala daerah untuk lebih berhati-hati dalam mengelola anggaran, terutama bagi kepala daerah yang baru dilantik.

“Ini benar-benar warning. Jangan lagi bermain-main dalam mengelola anggaran,” ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (10/10).

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini lebih lanjut mengatakan, sebenarnya sudah banyak cara yang dilakukan pemerintah pusat untuk mengingatkan pemerintah daerah.

Misalnya, berinisiatif mengajak para gubernur yang baru dilantik Presiden Jokowi bertemu dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Tjahjo, saat bertemu pimpinan lembaga antirasuah tersebut, para kepala daerah diberi pemahaman utuh tentang area rawan korupsi dan segala hal yang terkait dengan pencegahan korupsi.

Ia berharap langkah yang dilakukan dapat benar-benar bermanfaat bagi para kepala daerah, sehingga lebih berhati-hati mengelola anggaran dan tidak lagi berani untuk mencoba melakukan korupsi.

“Saya ajak ke KPK supaya teman-teman gubernur paham area rawan korupsi yang berkaitan dengan perencanaan anggaran, perizinan, pajak dan retribusi, mekanisme pembelian barang dan jasa dan lain-lain,” pungkas Tjahjo.

(gir)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar IndonesiaNext 2019

Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM yang unggul.