Kuliner Bandung Ini Jadi ‘Buronan’ Wisatawan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Bandung menjadi salah satu destinasi liburan paling favorit di Jawa Barat, khususnya bagi kalangan warga Jakarta yang ingin refreshing untuk melepaskan penat. Selain karena memiliki suasana alam yang begitu sejuk, Bandung juga begitu dicintai karena banyaknya tempat makan enak yang menarik untuk dicoba. Jadi sembari berlibur, Anda bisa sekaligus berwisata kuliner.

Mulai dari batagor hingga lontong sayur, semuanya dapat Anda cicipi di Bandung. Nah, bagi yang berencana berlibur ke Kota Kembang dalam waktu dekat, berikut ini daftar rekomendasi kuliner Bandung untuk Anda.

  1. Iga Bakar Si Jangkung

Menikmati kuliner di Kota Bandung tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kelezatan Iga Bakar Si Jangkung. Berlokasi di Jalan Cipaganti No 75B, tempat makan yang satu ini sangat mudah dijumpai karena terletak di tepi jalan utama. Dindingnya yang didominasi warna cat hijau, begitu unik ketika Anda melintasi area tersebut.

Satu porsi Iga Bakar Si Jangkung dijual dengan harga Rp40.000. Berbeda dari iga bakar di tempat lain, warung tenda milik Bapak Haryanto ini menyajikan iga bakar yang memiliki cita rasa rempah yang kuat sehingga tidak berbau. Tenang saja, daging iga bakarnya pun sangat empuk karena sudah melalui proses memasak yang cukup lama. Tertarik mencoba? Iga Bakar Si Jangkung ini mulai beroperasi pukul 12:00 – 23:00 setiap hari.

  1. Nasi Campur 88

Nasi Campur 88 boleh disebut sebagai legenda kuliner di Bandung. Karena berada di warung kaki lima, Anda harus rela mengantre cukup lama untuk bisa menikmati nasi campur di sini. Bahkan, pengunjung yang datang akan diberi nomor antrean. Pasalnya, Nasi Campur 88 sudah tersohor dengan porsinya yang cukup besar dan rasanya yang begitu nikmat.

Satu porsi Nasi Campur 88 yang dibanderol dengan harga Rp50.000 ini terdiri atas nasi, samcancha siukekian, telur, bakso goreng, mentimun, dan kuah sup. Melihat dari isiannya, sudah dipastikan menu di tempat makan yang terletak di Jalan Cibadak No 152 ini termasuk non halal, ya!

  1. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu @shelmisetiawan (Instagram)

Cuanki merupakan jajanan khas Bandung berupa hidangan sejenis bakso yang disajikan lengkap dengan tahu dan mi. Warung makan kaki lima di Jalan Serayu No 2 ini buka setiap hari pukul 11:00 – 19:00, tapi seringnya tutup lebih cepat karena cuanki sudah habis terjual. Cuanki Serayu sendiri dijual seharga Rp17.000 per porsi. Namun, Anda juga bisa mencicipi Batagor yang satu porsinya dihargai Rp18.000 di sini.

  1. Batagor Kingsley

Kingsley adalah nama salah satu tempat berburu batagor terlezat yang ada di ibu kota Jawa Barat. Lokasinya terletak di Jalan Veteran No 25. Karena berada di jalur satu arah, sebaiknya Anda pelan-pelan agar tidak kelewatan. Bangunannya punya dua lantai, di mana lantai dasar untuk pembeli take away dan kalau ingin makan di tempat Anda bisa langsung menuju ke lantai 2. Batagor Kingsley ini awet hingga 1 x 24 jam, sehingga banyak dijadikan oleh-oleh.

Berbeda dari kebanyakan penjual batagor, di sini Anda bisa memilih mau batagor yang digoreng atau disajikan bersama dengan kuah. Meski satu buah batagor dihargai Rp13.500, kualitas rasa yang diberikan sudah tak perlu diragukan lagi. Gurihnya rasa ikan tenggiri benar-benar terasa nikmat.

  1. Bakmi Linggarjati

Mengunjungi Alun-alun Bandung kurang lengkap sebelum Anda mampir mencicipi kuliner Bakmi Linggarjati yang satu ini. Berada tepat di Jalan Balonggede No 1, tempat makan yang menyajikan beragam menu mi ini jadi destinasi kuliner favorit pengguna Traveloka Eats. Anda bisa memilih jenis mi yang diinginkan, ada menu Yamin Manis dan Yamin Asin. Soal lauk, Anda bisa menambahkan pelengkap seperti bakso, babat, kikil, serta ayam yang disediakan bersama kuah.

Satu mangkuk Mi Yamin Manis dibanderol dengan harga Rp38.000. Disajikan dalam porsi besar, ukuran mi yamin sendiri terbilang cukup tipis, tapi sangat kenyal dan lembut. Ditambah kuah bakso yang begitu gurih, siap membuat Anda ketagihan. Jangan lupa, coba juga Es Alpukat “Linggarjati” yang tak kalah populer dikalangan pengunjung. Dijual seharga Rp30.000, buah alpukat dalam sajian ini hanya dihaluskan secara manual dan diberi siraman gula jawa. Segar!

  1. Nasi Goreng Bistik Astana Anyar

Untuk Anda yang sedang berburu kuliner malam di Bandung, coba saja berkunjung ke kedai nasi goreng yang ada di Jalan Astana Anyar 264. Terdapat Nasi Goreng Bistik AA yang menjual inovasi dari sajian nasi goreng yang dipadukan dengan bistik ayam nan renyah. Sepiring nasi goreng bistik dijual seharga Rp19.000 saja. Kalau mau tambah telur pun bisa, harganya jadi Rp22.000 per porsi. Tentu sangat terjangkau, bukan?

  1. Bubur Ayam Gibas

Bubur ayam gibas @akudoyanmakan (Instagram)

Bubur Ayam Gibas selalu ramai dikunjungi para pembeli setiap hari karena harganya yang sangat terjangkau dengan porsi bubur dan topping begitu melimpah. Lokasinya ada di seberang Rumah Sakit Kebon Jati, tepatnya di Jalan Kebon Jati No 187, Bandung. Soal menu, tempat ini hanya menjual bubur ayam saja. Namun, Anda bisa memilih beragam topping yang nikmat.

Satu porsi bubur ayam biasa bisa dibeli hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp14.000, untuk topping telur muda cukup membayar Rp17.000. Apabila tertarik mencicipi menu komplit harganya hanya Rp20.000 per porsi. Tenang saja, kalau takut kebanyakan Anda bisa memesan bubur ayam ½ porsi, kok.

  1. Lotek Kalipah Apo

Konon, Lotek Kalipah Apo adalah tempat makan lotek terbaik yang ada di Kota Kembang ini. Sajian ini terdiri dari sayuran kol, taoge, kacang panjang, bayam, kangkung, dan nangka muda ditambah tempe dan lontong yang disiram dengan saus kacang. Tekstur kacangnya sangat halus seperti saus kental, nyaris tanpa butiran kasar kacang. Cita rasa Lotek Kalipah Apo pun tak perlu diragukan lagi. Manis, gurih, dan punya aroma kencur yang begitu terasa.

Lokasinya berada di Jalan Kalipah Apo No 42, Bandung. Untuk menikmati lotek di Kalipah Apo, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp18.000 saja, sementara menu rujak dan kolak di sini dibanderol dengan harga Rp15.000. Perlu diingat, Lotek Kalipah Apo buka setiap hari, kecuali Selasa, mulai pukul 09:00 – 16:00.

  1. Sekoteng Singapore

Pada dasarnya. sekoteng merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah terdiri dari air jahe yang diberi isian berupa kacang hijau, kacang tanah, biji delima, kolang-kaling, serta potongan roti. Di Bandung Anda juga bisa menemukan minuman sekoteng yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di malam hari.

Sekoteng Singapore sendiri menjadi salah satu legenda kuliner malam Bandung. Sejak beroperasi di tahun 2002, Sekoteng Singapore ini tidak pernah sepi pengunjung. Untuk mencicipinya Anda bisa datang ke Jalan A. Yani No 293. Harganya hanya Rp8.000 saja per mangkuk.

  1. Cie Rasa Loom

Tak perlu jauh-jauh ke Sumatera Utara untuk menikmati kuliner di Aceh. Pasalnya, Anda yang berada di Bandung pun bisa menemukan tempat makan yang menyediakan hidangan khas Serambi Makkah tersebut. Datang saja ke Cie Rasa Loom yang berada di Jalan Buahbatu No 154 ini. Cie Rasa Loom sendiri menyediakan varian nasi goreng serta mi Aceh goreng dan rebus dengan kombinasi isian seperti daging kambing, daging sapi, sosis, ayam, udang, dan rendang.

Pengunjung Traveloka Eats setuju kalau Mie Aceh Rebus Udang adalah menu wajib yang perlu Anda cicipi saat berkunjung. Harganya hanya dipatok sebesar Rp25.000 per porsi. Kalau tak ingin makan berat, ada roti canai yang bisa dipesan dengan harga Rp15.000. Soal minuman, ada Kopi Saring Aceh seharga Rp10.000 yang siap menemani makan malam Anda.

  1. Bakmi Apin

Bakmi Apin @deliciusball (Instagram)

Bakmi Apin yang kini beralamat di Jalan Sukajadi No 158 ini juga layak untuk dijadikan destinasi wisata kuliner Anda selanjutnya. Buka setiap hari pukul 08:00 – 20:00, Anda bisa berkunjung untuk sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam di sini. Tenang saja, Bakmi Apin ini menyajikan makanan-makanan halal.

Ada tiga jenis mi yang bisa dipesan, antara lain mi yamin, mi yahun (bihun asin dan manis), ataupun hot mie (mi spesial dengan level kepedasan tertentu). Untuk paduan lauk, Anda bisa memilih bakso, pangsit, hingga ceker ayam pun ada. Harga jualnya berkisar antara Rp25.000 – Rp42.000 per porsi sesuai dengan topping pilihan Anda.

12.  Aceh Sigli Jaya

Berada di Jalan Tubagus Ismail No 22, Mie Aceg Sigli Jaya menyediakan beragam pilihan masakan khas Aceh. Mulai dari mi Aceh rebus, tumis, dan goreng, roti canai aneka topping hingga martabak Aceh. Berada di kawasan tempat tinggal mahasiswa di area Dago, Mie Aceh Sigli Jaya pun dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp15.000 – Rp25.000 per porsi.

Bagi pecinta kuliner pedas, warung makan di Bandung yang satu ini bisa jadi tujuan yang tepat. Mi Aceh dengan topping udang di sini dibanderol dengan harga Rp20.000 saja lengkap bersama emping dan acar bawangnya. Porsinya yang cukup besar, sehingga siap mengenyangkan perut Anda.

  1. Batagor Riri

Di Bandung memang ada banyak yang penjual Batagor, tetapi jika Anda hendak mencicipi Batagor yang spesial datanglah ke Batagor Riri. Bahkan, tempat ini sering kali dikunjungi oleh selebriti ibu kota yang sedang berkunjung ke Bandung. Berada di Jalan Burangrang No 41, banyak yang menyebutkan kalau pemilik Batagor Riri ini masih punya hubungan saudara dengan pemilik Batagor Kingsley.

Satu buah Batagor Riri dibanderol dengan harga Rp13.500 dan disajikan secara terpisah dari saus kacangnya. Untuk menambah cita rasa biasanya penyajian hidangan ini disandingkan dengan jeruk limau. Uniknya, meski sangat renyah diluar Batagor Riri tetap terasa lembut dan padat di bagian dalamnya. Cita rasa ikan tenggirinya pun kental terasa di lidah.

  1. Bebek Ali Borme

Warung kaki lima yang ada di Jalan Teuku Umar Blok 60, No 40 ini selalu dipadati pembeli setiap jam makan malam tiba. Dinamakan Bebek Ali Borme sebab pemiliknya bernama Pak Ali dan dulu saat pertama kali dibuka warung ini berada di samping rumah sakit Boromeus kawasan Dago. Berbeda dari warung nasi bebek pada umumnya yang menyajikan bebek garing dan lembut, di sini Anda justru akan mencicipi nikmatnya bebek basah yang dagingnya begitu juicy.

Sambal dari Bebek Ali Borme ini rasanya cukup pedas, sedikit asam, dan manis. Cita rasa sambal yang unik ini didapat dari perpaduan cabai rawit, tomat, asam Jawa, dan gula Jawa yang dipakai selama proses pengulekan. Sepiring nasi Bebek Ali Borme dibanderol dengan harga Rp.25.000, kalau ingin menambah tingkat pedas ada sambal yang disediakan di atas meja pelanggan.

  1. Warung Lela

Warung Lela atau yang juga populer dengan nama Wale ini berada di area perumahan Ranca Kendal, tepatnya di Jalan Kupa No 6. Dilihat dari luar, bangunan warung ini cukup menarik perhatian sebab berbentuk rumah tradisional Jawa. Sekelilingnya dihiasi tiang yang terbuat dari kayu-kayu besar dilengkapi beragam ornamen yang juga berbahan kayu.

Menu andalan di sini berupa aneka bakmi, namun yang wajib Anda coba adalah Yamin Manis Baso yang begitu menggugah selera. Dijual seharga Rp23.000 per porsi, Anda akan mendapatkan satu mangkuk mi berwarna coklat pekat dilengkapi daging ayam suwir dan taburan daun bawang. Kuah berisi tiga buah bakso dan dua buah bakso tahu diletakkan secara terpisah sehingga Anda bisa mencampurkannya sendiri sesuai selera.

  1. Nasi Kalong

Nasikalong @lilikuliner (Instagram)

Lapar di tengah malam? Pengguna Traveloka Eats menyarankan Anda untuk berkunjung ke kedai Nasi Kalong yang berada di Jalan R.E. Martadinata 102. Dinamakan Nasi Kalong sebab tempat makan ini baru mulai beroperasi pada pukul 19:00 – 00:00. Tempat makan ini cukup populer di kalangan masyarakat dengan beragam menu variatif yang bisa dipilih sesuai selera pembeli. Oh ya, Anda juga bisa memilih nasi merah atau putih untuk disantap.

Setelah menentukan jenis nasi, Anda bisa memilih sendiri lauk yang sengaja ditata secara prasmanan tersebut. Ada ayam, udang, telur, daging sapi, dan aneka sayuran yang ditumis. Tempat ini hanya menerima pembayaran via tunai, ya. Anda bisa menyiapkan uang sekitar Rp100.000 untuk makan berdua bersama pasangan atau teman.

  1. Bubur Ayam Pa’ Otong

Di malam hari, Jalan Jenderal Sudirman berubah jadi pasar kaget dan di sanalah Anda bisa menemukan warung makan Bubur Ayam Pa’ Otong. Satu porsi bubur ayam polos Pa’ Otong dijual seharga Rp7.000 saja. Nah, kalau ingin menambah topping, pilihannya pun cukup beragam, ada paha bawah, sayap, usus kering, ceker, brutu, uritan, telur muda, kepala, sate kulit, sate telur puyuh, dan sate usus. Harganya berkisar Rp3.000 – Rp10.000.

  1. Mie Merapi

Melihat dari desain interior bangunannya, Mie Merapi yang ada di Jalan Dipati Ukur No 60 ini terbilang cukup menarik perhatian. Di sini, Anda akan menemukan banyak lukisan mural dalam interior tempat makan. Meski ukurannya tidak terlalu besar, kedai Mie Merapi tetap nyaman untuk dikunjungi.

Sepintas mungkin sajian mi di tempat ini mengingatkan Anda dengan ramen asal Jepang. Bedanya, Mie Merapi ini merupakan sajian mi yang dipadukan dengan kuah yang melimpah dengan cita rasa bumbu rempah-rempah sangat kuat dan pedas. Tenang, ada level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp22.000 saja.

  1. Jigoku Ramen

Untuk makan di Jigoku Ramen, Anda harus rela meluangkan banyak waktu untuk mengantre. Meskipun sudah terdiri dari dua lantai, tempat makan khas Jepang ini selalu dipadati pembeli, terlebih di sore hari. Jigoku Ramen berada di Jalan Pahlawan No 62, Cikutra, Bandung. Traveloka Eats merekomendasikan menu Jigoku Ramen Beef Bulgogi seharga Rp22.000 yang jadi andalan tempat ini.

Uniknya, Anda bisa menentukan sendiri jenis kuah ramen yang diinginkan. Mulai dari kuah soyukare, thailand, jigoku, dan keju. Jigoku Ramen juga menawarkan mi pedas sesuai level yang diinginkan pembeli. Menarik untuk dicoba, bukan?

  1. Kedai Mama Eha

Warga Bandung sudah tentu mengenal Kedai Mama Eha sebagai tempat makan yang paling populer di pusat kota. Sejak berdiri di tahun 2010 silam, kedai yang satu ini jadi favorit selebriti papan atas, seperti Nagita Slavina maupun Olla Ramlan. Beroperasi selama 24 jam penuh, tempat makan yang berlokasi  di Jalan Diponegoro No 3A siap mengenyangkan perut Anda kapan pun.

Untuk makan dua orang, hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp100.000 saja. Pastikan Anda tidak melewatkan lezatnya Cumi Balakutak serta hidangan penutup berupa Pulut Mangga, yaitu ketan yang disandingkan dengan potongan mangga dan ditambah sedikit santan. Beberapa menyebutkan dessert ini sebagai mango sticky rice ala Sunda.

  1. Café Madtari

Cafe Madtari menjadi andalan para mahasiswa Bandung yang ingin nongkrong dengan bujet terbatas. Untuk Anda yang menyukai topping keju baik pada sajian mi ataupun roti bakar, kafe yang berada di Jalan Rangga Gading No 12 ini bisa jadi destinasi yang tepat. Sebelum pindah ke Jalan Ranggagading, kafe ini berada di kawasan Jalan Ir. H. Juanda. Soal harga tak jadi masalah, hanya berkisar antara Rp3.000 – Rp15.000 saja!

  1. Sate Maulana Yusuf

Sate Maulana Yusuf @leanazainal (Instagram)

Rumah makan Sate Maulana Yusuf terletak di Jalan Maulana Yusuf No 21, Bandung. Legenda sate di Kota Parahyangan ini mulai beroperasi pada pukul 10:00 – 22:00 setiap hari. Untuk 10 tusuk sate ayam Maulana Yusuf dihargai Rp40.000, sedangkan 10 tusuk sate kambingnya dijual seharga Rp50.000. Selain sate, rumah makan ini juga menyajikan sop buntut, soto ayam taoco serta gule kambing. Rasanya dijamin lezat dan nikmat.

  1. Warung Prasmanan Ceu Mar

Warung Prasmanan Ceu Mar jadi solusi bagi Anda yang mendadak lapar di malam hari. Tempat makan yang berada di Jalan ABC, tepatnya di dekat sungai Cikapundung ini menyediakan beragam menu sajian yang menggugah selera makan. Nasi rames serta beragam tumis sayur hingga semur jengkol pun ada. Tapi, yang jadi menu andalan di sini adalah masakan Gulai Sapi yang begitu gurih, kental, dan kaya akan cita rasa rempah.

Mengusung konsep prasmanan, warung makan yang satu ini tidak memiliki patokan harga khusus. Umumnya, harga menu yang disajikan satu porsi lengkap dengan minuman, berada di kisaran harga Rp15.000 – Rp25.000. Meskipun sudah dibuka sejak pukul 18:00, Ceu Mar tetap dipadati pembeli hingga pukul 21:00. Tenang saja, warung prasmanan ini baru akan berhenti beroperasi di jam 04.00 setiap harinya.

  1. Roti Gempol Bandung

Dinamakan Roti Gempol sebab lokasinya memang berada di Jalan Gempol Wetan No 14 – 16. Kabarnya, tempat ini sudah ada sejak tahun 1958 silam dan diwariskan secara turun-temurun. Memasuki bagian dalam bangunan, Anda akan disambut sofa klasik yang berjajar di tepi lengkap dengan meja bundar berukuran kecil di setiap selanya. Meski sangat sederhana, pengunjung akan merasa betah menghabiskan banyak waktu di sana seperti berada di rumah sendiri.

Ada dua menu andalan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Roti Gempol, yaitu Roti Bakar Gandum Asin Komplit dan Roti Bakar Putih Manis Isi Kacang Cokelat. Berbeda dari kebanyakan tekstur roti gandum pada umumnya, roti gandum di sini tidak membuat tenggorokan gatal. Cukup menyiapkan Rp70.000 untuk dua orang saja untuk nongkrong santai dan menikmati sajian di tempat ini.

  1. Roti Selai

Kalau dilihat dari luarnya, Anda mungkin enggan masuk karena ukuran bangunan Roti Selai yang cukup mungil di Jalan Dago No 98.  Sama seperti namanya, tempat ini menjual roti dengan beragam varian rasa. Buka pada pukul 07:30 – 17:00, Anda pun perlu mencicipi kelezatan hidangan nasi yang ada di sini.

Uniknya, semua menu nasi di Roti Selai selalu menggunakan brown rice alias beras cokelat. Jangan lewatkan menu Curry Rice yang banyak direkomendasikan oleh pelanggan setia Traveloka Eats. Kuah kari pada hidangan ini cukup kental dan kaya rasa. Ditambah telur ¾  matang yang ada dalam kuah kari, membuat hidangan semakin nikmat. Tenang saja, harga makanan di sini tak lebih dari Rp50.000 per porsi, kok.

  1. Soto Ojolali

Dinginnya suhu udara di Kota Bandung memang paling pas ditemani dengan menu makanan berkuah dan disantap selagi hangat. Melihat dari namanya Anda pasti mengira kalau rumah makan Soto Ojolali ini milik orang Jawa. Padahal, tempat ini asli punya orang Sunda. Bahkan menu yang disajikan pun berupa Soto Bandung dengan kuah bening yang menyegarkan.

Satu porsi Nasi Soto Ojolali dibanderol dengan harga Rp30.000 saja. Sebagai pelengkap, Anda bisa memesan perkedel, babat goreng, usus rebus, maupun emping. Selain menjual soto, rumah makan ini juga menawarkan menu khas Sunda lainnya seperti Nasi Liwet dan Nasi Timbel. Keduanya pun dijual dengan harga yang sama Rp30.000 per porsi.

  1. Mie Naripan

Kota Bandung memang surga kuliner terbesar yang ada di Indonesia. Salah satu kuliner legenda yang masih bertahan sampai saat ini adalah kedai Mie Naripan yang berlokasi di Jalan Naripan No 108 (tepat berada di persimpangan antara Jalan Naripan dan Jalan Sunda). Meski hanya memiliki luas bangunan 100 meter persegi, tempat ini mampu menampung hingga 90 orang pelanggan sekaligus.

Menu favorit di kedai ini adalah Mie Yamin dan Mie Kuah Naripan. Kedua hidangan tersebut menggunakan mi yang dibuat sendiri oleh pemilik rumah makan. Resepnya pun sudah diberlakukan secara turun-temurun sejak pertama kali dibuka pada tahun 1965 silam. Untuk satu porsinya, dijual dengan harga Rp35.000 – Rp45.000.

  1. Kupat Tahu Gempol

kupat tahu gempol @chef_on_top (Instagram)

Bagi pencinta kuliner di Kota Bandung, Kupat Tahu Gempol ini sudah sangat terkenal. Lokasinya berada tak jauh dari Gedung Sate, tepatnya di Jalan Gempol Kulon No 53. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 – 22:00. Untuk mencicipi sepiring kupat tahu, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

 

  1. Lontong Kari Kebon Karet

Sebenarnya ada banyak penjual lontong kari di Bandung, baik yang kaki lima hingga restoran pun ada. Namun, Lontong Kari Kebon Karet adalah yang terbaik yang wajib Anda coba. Lokasinya berada di Jalan Otto Iskandar Dinata. Untuk menuju lokasi, Anda perlu memarkirkan kendaraan di ujung gang dan melanjutkan jalan kaki sejauh 50 meter untuk tiba di tempat makan legendaris ini.

Keunikan yang membuat warung ini masih dicintai penggila kuliner di Kota Bandung adalah kuah karinya yang dibuat dengan menggunakan empat belas bumbu spesial. Ditambah irisan daging tanpa lemak yang begitu empuk dan lembut saat digigit. Kelezatannya semakin pecah! Lontong kari spesial di sini dibanderol dengan harga Rp25.000 baik kari ayam ataupun kari kambing.

  1. Es Duren Pak Aip

Jangan mengaku pencinta buah durian kalau Anda belum mencoba nikmatnya Es Duren Pak Aip di Jalan Tubagus Ismail Raya No 5. Ada banyak varian rasa dan topping es durian yang bisa Anda pesan di sini. Mulai dari yang originalbrown sugar, durian alpukat, cokelat hingga vanila pun ada. Harganya berkisar Rp24.000 – Rp27.000 per porsi.

Dalam semangkuk Es Durian Original, Anda akan mendapatkan 5 – 7 buah daging durian lengkap dengan biji yang diberi es batu dan susu kental manis. Kalau ingin cita rasa tradisional, Anda bisa memesan Es Durian Brown Sugar di mana daging buah durian segar diguyur dengan kinca Jawa. Menarik, bukan?

  1. Pempek Rama

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Palembang untuk menikmati lezatnya pempek, di Bandung pun Anda bisa mendapatkannya. Pengguna Traveloka Eats merekomendasikan Pempek Rama yang ada di Jalan Rama No 28 Bandung khusus untuk Anda yang menginginkan pempek. Ada 16 menu pempek yang bisa Anda pesan di tempat ini, tapi Pempek Kapal Selam dan Tekwan seharga Rp15.000 yang jadi menu andalan bagi pengunjung yang datang. Lokasi ini buka setiap pukul 09:30 – 20:00.

  1. Mie Baso Akung

Nama Mie Baso Akung kian tersohor sejak muncul di film remaja berjudul Dilan 1990 yang dibintangi oleh Iqbal beberapa waktu yang lalu. Lokasinya sendiri berada di kawasan Buahbatu, tepatnya di Jalan Lodaya No 123. Tempat makan yang satu ini cukup unik mengingat porsi yang disajikan cukup banyak serta lauk yang sangat komplet, mulai dari bakso sapi, ceker ayam, dan pangsit.

Dibanderol dengan harga Rp32.000 per porsi, Anda bisa mendapatkan cita rasa mi dengan kuah bakso yang begitu gurih, ringan, dan teksturnya yang pas di lidah. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa memesan segelas Es Kelapa Hijau seharga Rp17.000 di sini.

  1. Bakso So’un Lodaya

Makan bakso di tengah udara dingin di Bandung memang pas banget. Salah satu tempat makan bakso terbaik di Bandung yang bisa didatangi berada di Jalan Veteran No 3, dekat dengan Batagor Kingsley. Melihat dari bangunannya, Bakso So’un Lodaya sudah sangat modern dan terbagi antara area indoor dan outdoor lengkap dengan bangku dan meja terbuat dari kayu minimalis.

Ada tiga menu bintang yang banyak dipesan oleh pengunjung yang datang, review yang ditulis di Traveloka Eats pun menarik minat kunjungan Anda, antara lain Bakso Soun Urat & Daging, Bakso Soun Urat, dan Bakso Soun Daging. Masing-masing menu bakso ini dihargai Rp21.000 per porsi. Minuman yang disajikan pun sederhana, hanya ada pilihan teh manis/ tawar, jeruk, dan air mineral saja.

  1. Martabak Nikmat Andir

Martabak Nikmat Andir berada di Jalan Jendral Sudirman No 413, Bandung. Setiap harinya, jajanan ini mulai melayani pembeli pukul 16:00 – 23:00. Saat berkunjung, pastikan Anda memesan Martabak Pandan Jagung Keju seharga Rp95.000 yang bertekstur lembut dengan adonan tipis serta rasa pandan sangat dominan. Topping jagung manis serta parutan kejunya pun berlimpah ruah. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Surabi Rumah Imoet

Surabi Rumah Imoet @franciscatheresiaa (Instagram)

Pada dasarnya, serabi merupakan jajanan tradisional yang berbahan dasar tepung beras, terigu, kelapa, air, dan garam. Belakangan, jajanan ini jadi populer di kalangan anak-anak dan remaja karena inovasi topping serta varian rasa serabi yang semakin banyak pilihannya. Salah satu yang paling unik dijual oleh Surabi Rumah Imoet di Jalan Setiabudi No 194, Bandung ini.

(net/all)

loading...

Feeds

Ini Varian Kosmetik Baru Marcks’ dan Venus

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemilihan produk kosmetik sebaiknya mempertimbangkan segi kecantikan dan kesehatan. Inilah yang mendorong PT Kimia Farma (Persero) Tbk …