Wagub Uu Dorong Jatigede Lebih Representatif

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum atau akrab disapa Kang Uu, secara resmi membuka kegiatan Festival Jatigede di Dermaga Tegal Jarong Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede, Minggu (30/9).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum atau akrab disapa Kang Uu, secara resmi membuka kegiatan Festival Jatigede di Dermaga Tegal Jarong Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede, Minggu (30/9).

POJOKBANDUNG.com, SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum atau akrab disapa Kang Uu, secara resmi membuka kegiatan Festival Jatigede di Dermaga Tegal Jarong Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede, Minggu (30/9). Kegiatan Festival Jatigede ini melibatkan enam kecamatan yang berada di sekitar Waduk Jatigede seperti Kecamatan Jatigede, Jatinunggal, Darmaraja, Situraja, Cisitu dan Wado.


Keenam kecamatan menggelar helaran seni budaya dari masing-masing kecamatan seperti Kecamatan Darmaraja dengan Tari Buncis, Kecamatan Situraja dengan Tari Umbul serta Kecamatan Cisitu dengan Seni Reak dan kuda Lumping.

Kang UU mengatakan, Festival Jatigede cukup berlangsung semarak. Di samping untuk memperkenalkan dan memamerkan wisata yang baru, kegiatan ini juga merupakan hiburan masyarakat, arena sillturahmi serta memperkenalkan budaya yang ada di wilayah bendungan Jatigede seperti pada acara helaran tadi.

Menurutnya, kegiatan helaran yang menampilkan beragam budaya dilakukanuntuk melestarikan budaya. Selain itu, sebagai bentuk promosi kepada generasi muda “Saya bangga dengan banyaknyaanak muda yang terlibat dalam acara helaran ini, Insya allah dengan banyaknya anak muda yang terlibat, Budaya Sunda tidak akan hilang begitu saja,” ujar Uu kepada awak media.

Terkait kawasan Jatigede, Uu akan mendorong kawasan Jatigede menjadi lebih representati, namun harus diketahui terlebih dahulu status tanahnya. “Setelah status diketahui secara jelas, baru kita akan membantu. Karena, sarana prasarana sangat diperlukan untuk kenyamanan dan ketenangan wisatawan dan pengunjung,”jelasnya.

Uu berharap agar masyarakat di sekitar Jatigede someah kasemah, ramah ka tamu. Agar, para wisatawan saat berkunjung merasa nyaman dan tidak bosanuntuk datang kembali. “Tempat wisata juga harus menjadi PAD tanpa memberatkan masyarakat. Namun ketika PAD dihasilkan dari wisata, meskipun jumlahnya besar namun aka nada feedback bagi masyarakat, sehingga akan memberikan ketenangan,” paparnya.

Uu mengaku bangga karena di Kabupaten Sumedang banyak kegiatan yang menggelorakan kebudayaan di tingkat nasional, bahkan ada yang sampai tingkat Internasional. Kegiatan seperti ini harus terus dipupuk, baik oleh pemerintah provinsi ataupun kabupaten. “Insya Allah Pemerintah provinsi jawa Barat akan mendorong dan mengeluarkan kegiatan wisata sehingga lebih maju lagi,” pungkasnya.

(atp)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …