Walikota Bandung Harus Segera Lantik Sekda Definitif

Evi S Shalehah ( Foto : ist )

Evi S Shalehah ( Foto : ist )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG -‎ Demi berlangsungnya roda pemerintahan dengan baik, Pengamat Administrasi Publik dari Unpad, Yugi Suprayogi menilai, seharusnya Walikota Bandung Oded M.Danial segera melantik sekda definitif.
“Meski sekarang ada plh Sekda, tapi itu tidak bisa menggantikan tugas sekda definit, terutama terkait kebijakan strategis dan perencanaan RPJMD,” ujar Yogi.
‎Yogi menilai,  pengangkatan sekda definitif yang sudah melalui berbagai prosedur dan ditetapkan bahkan sudah mendapatkan rekomendasi dari Mendagri tidak boleh dipolitisasi.
“Birokrasi itu seharusnya tidak bisa dipolitisasi. Seharusnya perpegang teguh saja pada sistem merit artinya berdasarkan prestasi yang dilakukan dalam seleksi terbuka,” ungkap dia.
‎Di sisi lain, Yogi menilai, penunjukan kembali Plh Sekretaris Daerah Kota Bandung Evi S Shalehah  telah menyalahi aturan.
“Seharusnya jangan mengangkat plh Sekda, tapi melantik sekda definitif,” tegasnya.
Seperti diketahui, selama delapan bulan posisi Sekda Kota Bandung masih kosong. Untuk mengisi kekosongan tersebut pemkot sempat menunjuk Evi S Shalehah sebagai Plh Sekda untuk periode Februari-April 2018. Kemudian, pada April-Oktober 2018, Pemkot menunjuk Dadang Supriatna sebagai Pj Sekda Bandung.
Pada Selasa (2/10/2018) masa jabatan Dadang Supriatna sebagai Pj Sekda Kota Bandung Habis. Namun, alih-alih mengangkat Sekda definitis, Oded malah menunjuk kembali Evi S Shalehah sebagai Plh Sekda Bandung sesuai dengan Peraturan Wali Kota.
Padahal Pemkot Bandung sendiri telah membuka seleksi terbuka (open bidding). Berdasarkan hasil seleksi terbuka itu telah diputuskan satu nama dan direkomendasikan kepada mendagri untuk ditetapkan menjadi pejabat definitif.
Kekosongan posisi Sekda ini, sejak Sekda Bandung Yossi Irianto mengundurkan diri karena ikut mencalonkan diri sebagai calon wali kota dalam pertarungan Pilkada Kota Bandung 2018 lalu.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Jokowi Tolak Terbitkan Perppu KPK

Pembahasan rancangan undang-undang (RUU) di akhir masa jabatan DPR 2014–2019 berlangsung dinamis. Mulus mengegolkan UU KPK, langkah pemerintah dan DPR …

BPJSTK Mengajar Edukasi Pelajar SD Cibentar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan semangat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) …