Nestle Lactogrow Gelar Workshop Bertema ‘Grow Happy Parenting’

Psikolog Anak, Elizhabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC saat mengisi acara workshop Grow Happy Parenting.

Psikolog Anak, Elizhabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC saat mengisi acara workshop Grow Happy Parenting.

POJOKBANDUNG.com, NESTLE Lactogrow mengadakan workshop bertema Grow Happy Parenting yang berbagi tentang gaya pola asuh ‘Grow Happy’ untuk para orangtua yang memiliki beragam tantangan dalam menjalani perannya saat ini. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pemaparan studi Child Happiness yang diumumkan pada Juli lalu di Jakarta.


Studi Child Happiness menemukan bahwa anak merasa bahagia saat bermain dengan orang tua, bahkan lebih bahagia dari ketika mereka bermain bersama adik atau kakaknya. Namun nyatanya ditemukan lebih dari 50 persen orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama si kecil.

Disamping memaparkan tentang arti kebahagiaan keluarga serta kecukupan gizi anak Indonesia. studi ini mengungkapkan bahwa saat menilai karakteristik kebahagiaan anak, kebanyakan orang tua hanya memperhatikan ciri-ciri fisik. Misalnya saja saat anak menunjukkan ekspresi ceria dan aktif bergerak.

Psikolog Anak, Elizhabeth Santosa, M. Psi, Psi, SFP, ACC menjelaskan bahwa kebahagiaan merupakan perasaan yang mahal dan hal itu diakui para orangtua harus di perjuangkan.

“Pada umumnya orang tua sudah mengerti teori pentingnya mendukung anak tumbuh bahagia. seperti menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak,” ujarnya ditemui usai acara, di Ambrogio Pattiserie Jalan Banda No 26, belum lama ini.

Namun pada kenyataannya, banyak orang tua yang masih belum bisa memaksimalkan keterlibatan emosional mereka bersama anak meskipun sudah susah payah menyisihkan waktu. Tantangan hidup modern seperti tingkat stres yang lebih tinggi atau interaksi dengan handphone misalnya, membuat keterlibatan emosional menjadi tantangan baru bagi orang tua.

“Keterlibatan orang tua itu yang dibutuhkan sang anak. Kalau menonton tv, orang tua jangan hanya sekedar menemani tetapi juga terlibat dalam aktivitas menontonnya. Eye to eye contact itu harus, lepas hp nya sementara waktu,” sambungnya.

Selain itu,Elizhabeth juga menjelaskan bahwa tekanan hidup modern ini berdampak pada kebahagiaan orang tua itu sendiri. “Bagaimana bisa menularkan kebahagiaan pada anak, apabila orangtuanya sendiri tidak mengetahui bagaimana membahagiakan diri sendiri? Panduan inilah yang dibutuhkan para orang tua agar bisa membangun rantai tumbuh bahagia dalam keluarga,” paparnya.

Selain mengukur arti kebahagiaan keluarga, studi tersebut juga mengungkapkan bahwa anak Indonesia berpotensi kekurangan asupan nutrisi yang seimbang karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan si kecil. Studi ini sejalan dengan hasil penelitian lain yang menujukkan bahwa masalah kekurangan gizi pada anak Indonesia masih tinggi.

Merespon hal ini, Dokter Spesialis Anak dr Fatima Safira Alatas Ph.D, Sp. A(K) menjelaskan sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mengerti nutrisi seimbang. Anak yang mengonsumsi makanan bergizi, lengkap, dan seimbang akan memiliki saluran pencernaan yang sehat, sehingga dapat menyerap nutrisi dengan baik.

“Pada akhirnya, anak akan memiliki selera makan dan pola tidur yang baik serta dapat menunjang tumbuh kembang secara lebih bahagia dan optimal,” tutupnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …