Medali Asian Para Games 2018 Bisa Berbunyi

POJOKBANDUNG.com – Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 tinggal menghitung jam. Total 546 medali siap diperebutkan pada tanggal 6-13 Oktober besok.


Direktur Divisi Sport INAPGOC Fanny Irawan pada Jumat (5/10) menuturkan bahwa meskipun sekilas terlihat sama, medali-medali Asian Para Games 2018 ini punya perbedaan dari Asian Games 2018. Medali-medali tersebut bisa berbunyi.

Di dalam medali, kata Fanny, sudah dimasukkan bola-bola logam kecil yang bisa menimbulkan bunyi jika medali tersebut digoyangkan. Unsur ini dimasukkan agar atlet penyandang tuna netra bisa membedakan langsung medali apa yang mereka dapat.

Untuk menghasilkan bunyi yang berbeda, desiner menakark jumlah bola yang berbeda di tiap kategori medali.

“Untuk medali emas, ada 26 butiran bola, medali perak 20, sedangkan medali perunggu 16 bola-bola kecil. Bola-bola yang dimasukkan nantinya akan menghasilkan bunyi yang berbeda-beda, sehingga memudahkan untuk teman-teman atlet tuna netra mengenalinya,” ujar Fanny.

Tak hanya itu, 546 medali ini juga dicetak dengan huruf braile. “Jadi untuk teman-teman kita yang tuna netra bisa membaca tulisan apa yang ada di medali,” ujarnya.

Fanny menuturkan, ratusan medali tersebut dibuat di Tiongkok dan melibatkan tiga desainer. Perlu waktu lima bulan untuk membuat seluruh medali tersebut. “Kenapa kita nggak buat di Indonesia, karena memang dari desain yang kita minta belum bisa untuk dibuat disini,” kata Fanny.

(isa/JPC)

Loading...

loading...

Feeds

ITB Gelar Virtual Job Fair 21-27 Oktober 2021

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  ITB melalui unit di bawah Direktorat Kemahasiswaan, ITB Career Center kembali mengadakan bursa kerja (job fair). Bursa kerja …