Keren Itu Kalau Bisa Membantu Orang Lain dengan JKN-KIS

Oom Halimah

Oom Halimah

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Siang itu terlihat seorang ibu berkerudung merah sedang mengantarkan saudaranya di RSUD Al-Ihsan, ibu itu bernama Oom Halimah (60), Kamis (4/10). Sudah 3 tahun, Oom menjadi peserta JKN-KIS sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) di kelas 2.

Bercerita soal pengalamannya menggunakan JKN-KIS justru Oom mengaku belum pernah sama sekali memakainya. Bukan berarti ketika sakit menggunakan biaya sendiri, tapi Oom bersyukur selalu diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa. Mungkin pernah sakit ringan saja tapi tidak terlalu manja yang sedikit-sedikit sakit ke Klinik untuk berobat, justru Oom menyembuhkannya dengan cara yang alami, seperti menjaga pola hidup sehat, sering berolahraga, menjaga makan dan minum, tidur secukupnya, dan rajin-rajinlah berdoa, begitulah penuturan Oom.

“Saya bahagia dan bersyukur apabila diberikan kesehatan oleh Allah SWT, tapi saya lebih bahagia lagi kalau iuran yang saya bayarkan untuk membantu orang lain yang membutuhkan ketika sakit. Bukankah itu keren kan, jika kita ikhlas inshaallah Allah akan menggantikannya dengan kesehatan,” ucap Oom yang memakai kacamata capung tersebut.

Oom juga mengatakan bahwa keikutsertaannya menjadi peserta JKN-KIS merupakan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

“Selama program pemerintah itu baik buat kesejahteraan rakyatnya, kita harus dukung agar semua masyarakat dapat merasakan manfaat dari program Jaminan Kesehatan Nasional,” ucap wanita yang telah berusia 60 tahun ini.

Pekerjaan Oom hanya sekadar penunggu warung di rumahnya, tapi Oom selalu menyisihkan sebagian penghasilannya untuk pembayaran iuran JKN-KIS setiap bulannya. Tak hanya Oom sendiri tapi beserta keluarganya pun semua rajin membayar iuran.

Tidak hanya rajin dalam membayar iuran, Oom dikenal sebagai orang baik yang selalu membantu keluarganya, saudara maupun tetangganya. Ditemui waktu itu Oom sedang mengantar saudaranya berobat ke dokter mata, pernah juga cerita bahwa Oom mengantar tetangganya yang hendak melahirkan.

“Dulu saya pernah mengantar tetangga yang akan melahirkan, ketika di IGD kartu JKN-KISnya tidak bisa dipakai karena ada tunggakan, akhirnya saya yang kesana kemari mencari informasi harus bagaimana, ternyata cukup dilunasin saja tunggakannya dan alhamdulillah kartu JKN-KISnya aktif kembali,” ujar Oom saat bercerita pengalamannya.

 

(ard)

Loading...

loading...

Feeds

SOR

Dispora: Nilai Kerugian Belum Dihitung

pojoksatu.com,BANDUNG – Atap Stadion Sepakbola di Sarana Olah Raga (SOR) Arcamanik, Kota Bandung mengalami kerusakan di bagian tribun timur. Atap …
sungai

Sungai di Subang Mulai Alami Kerusakan

pojoksatu.com,SUBANG – Dampak kerusakan alam yang diakibatkan penambangan pasir dan limbah industri mulai terasa. Sejumlah pihak mulai mengkhawatirkan dampak buruu …
kampung

Kampung Jabong Bau Kotoran Sapi

pojoksatu.com,SUBANG – Warga di Desa Curugrendeng  Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang mengeluhkan bau tak sedap yang menyengat dari keberadaan peternakan sapi …