Ratusan Pelajar Se-Jawa Barat Diberikan Edukasi Safety Riding

EDUKASI: MSA 2018 menyapa ratusan pelajar yang hadir di SMKN 3 Bandung, Rabu (3/10) ( Foto : NIDA KHAIRIYYAH/POJOK BANDUNG )

EDUKASI: MSA 2018 menyapa ratusan pelajar yang hadir di SMKN 3 Bandung, Rabu (3/10) ( Foto : NIDA KHAIRIYYAH/POJOK BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ratusan pelajar SMA/SMK di Jawa Barat datang ke SMKN 3 Bandung untuk berpartisipasi Michelin Safety Academy (MSA) 2018. Kegiatan yang digagas PT Michelin Indonesia (Michelin), sudah berlangsung selama lima tahun.

Hanya saja, tahun ini kali pertamanya Bandung dikunjungi MSA 2018. Rangkaian kegiatan sejak 3-20 Oktober ini pun berfokus terhadap keselamatan berkendara para siswa, serta melibatkan tenaga pengajar dari 20 sekolah di Jawa Barat.

President Director Michelin Indonesia, Fritz Mueller menyebut, syarat siswa yang mengikuti kegiatan sudah 17 tahun ke atas. Hal tersebut, karena MSA akan membina mereka hingga mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) A/C.

“Edukasi keselamatan berkendara untuk pengendara usia muda sangatlah penting,” ujarnya disela-sela acara, Rabu (3/10).

Mengingat, lanjutnya, tingkat kecelakaan di Indonesia cukup tinggi dalam melibatkan generasi muda rentang usia 15-24 tahun. Data tersebut diperoleh berdasarkan statistik yang dirilis oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), selama April-Juni 2018, terdapat 26.630 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang menyebabkan 6.455 korban meninggal dunia.

Dari jumlah tersebut 5,648 kasus kecelakaan melibatkan pengendara berusia muda dengan rentang usia 15-19 tahun dan 4.669 kasus kecelakaan untuk usia 20-24 tahun. Sementara di Jawa Barat sendiri terdapat lebih dari 1.700 kasus kecelakaan yang mengakibatkan 863 korban meninggal dunia.

“Jadi kami melalui kegiatan edukasi yang dikemas secara menyenangkan dan menarik, MSA bertujuan mensosialisasikan pentingnya kesadaran akan keselamatan berkendara serta menjadikannya sebagai bagian gaya hidup untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan terutama yang melibatkan pengendara usia muda,” bebernya.

Fritz menyebut, wilayah Jawa Barat dipilih seiring menjamurnya komunitas anak muda di wilayah ini, terutama Bandung dan sekitarnya.

“Kota Bandung yang dikenal sebagai kota pendidikan dan kota kreatif memiliki sejumlah sekolah dan perguruan tinggi terbaik dan favorit yang menjadi penggerak bagi para pelajar dari berbagai daerah untuk menuntut ilmu,” imbuhnya.

Selain itu, Jawa Barat juga merupakan provinsi kedua terbesar dengan lokasi yang paling dekat dengan Jakarta.

MSA merupakan wujud nyata kampanye Michelin, Perfection in Safety, dalam rangka mengahadirkan mobilitas yang lebih aman dan lebih baik berdasarkan tiga pilar yaitu keselamatan berkendara: pemberian edukasi yang berkelanjutan, inovasi produk, serta pelayanan serta dukungan purna jual yang prima.

“Michelin sebagai produsen ban terkemuka terus berkomitmen meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berkendara dengan aman dan bertanggung jawab untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, termasuk di Jawa Barat,” ucapnya.

loading...

Feeds

SMPN

Puluhan SMPN Tak Bisa UNBK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Minimnya fasilitas komputer yang dimiliki di setiap SMP Negeri di Subang membuat puluhan sekolah SMPN di Subang …
petugas

Dua Petugas KPPS Meninggal Dunia

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Subang telah menerima laporan adanya pengawas TPS di daerah yang meninggal …
c1

Salinan C1 Harus Dipampang dengan Jelas

POJOKBANDUNG.com, SUBANG –Warga Subang dihebohkan dengan bereredarnya video yang diduga memperlihatkan perbandingan antara suara di website KPU dan form C1 …