Wuihh… Teknologi Pengolah Sampah dari Inggris Akan Hadir di Bandung

Walikota Bandung Oded M Danial.

Walikota Bandung Oded M Danial.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mendapat bantuan dari negara Inggris. Bantuan tersebut berupa teknologi pengelolaan sampah plastik.


Walikota Bandung, Oded M Danial mengatakan, bantuan tersebut bakal segera terealisasi dalam waktu dekat. Menurutnya, teknologi pengelolaan sampah plastik ini dinilai penting sebagai solusi persampahan di Kota Bandung.

“Nantinya dengan alat ini plastik diolah kemudian diubah menjadi solar,” ujar Oded.

Oded menyebut, dalam sehari teknologi ini mampu mengolah 60 ton sampah plastik. Artinya, bisa mengurangi sampah plastik sekitar 560 ton per hari.

Berdasarkan data PD Kebersihan Kota Bandung, jumlah sampah yang dihasilkan dalam sehari sekitar 1600 ton dan 60 persen diantaranya adalah sampah plastik.

“Tapi tidak semua jenis sampah bisa diolah, diubah jadi solar. Sebab, mereka belum menjelaskan jenis apa saja yang bisa digunakan oleh teknologi ini,” papar Oded.

Untuk mewujudkan bantuan ini, dibutuhkan lahan sekitar 1 hektar. Rencananya, akan menggunakan lahan disekitar Jelekong.
Menurut Oded, bantuan yang akan diberikan Inggris, berupa teknologi dan pembangunan. Sehingga Kota Bandung hanya tinggal menikmati.

“Untuk jenis kerjasamanya nanti akan seperti apa, masih belum dibicarakan. Untuk sementara, mereka baru sampai tahap memastikan, apakah kita sanggup menyediakan sampah plastik sebanyak itu atau tidak,” paparnya.

Disinggung mengenai kelanjutan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), Oded belum bisa memberikan penjelasan lebih lanjut. Pasalnya, Pemkot Bandung sedang bersuaha mengatasi sampah dengan mengubah kebudayaan dan mengedukasi masyarakat.

“Kalau bisa mengedukasi warga itu lebih baik. Artinya jika sampah bisa dikurangi, untuk apa ada PLTSa, bisa mubazir pembangunannya,” beber Oded.

Karenanya, Oded sangat berharap kerjasama dengan inggris ini bisa dilaksanakan, karena di negara-negara maju, pengelolaan sampah menggunakan insenerator sudah tidak digunakan.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …