Wow…Emil Melukis Bertuliskan Persib dan Persija

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melukis dinding Sungai Citarum.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melukis dinding Sungai Citarum.

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut turun tangan melukis dinding sungai Citarum. Orang nomor satu di Jabar ini melukis gambar gunung pohon, perahu dan beberapa orang.


Dalam lukisan emil sapaan akrab Ridwan Kamil ada dua makna yang tersirat dalam setiap goresan – goresan yang menjadikan satu kesatuan yang utuh. Emil melukiskan dengan latar belakang biru degan gambar warna oranye.

Selain gambar alam Emil juga menuliskan kata Persib dan Persija dengan bingkai tanda hati di atas sebelah kiri lukisan.

Emil mengatakan, dia sengaja melukis dengan dua warna tersebut. Jelas dia itu sebagai simbol agar pendukung Persib Bandung dengan Persija Jakarta bisa bersatu.

“Ini Biru untuk Persib dan oren untuk Persija, dan semoga bisa berdamai” kata Emil saat meninjau pengerukan di sektir 6,7 dan 8 sungai Citarum, Rabu (26/9/2018).

Makna lain dari lukisan tersebut, terang Emil ialah keindahan alam dan sungai citarum yang harus bisa menjadi salah satu icon Jawa Barat.

“Dulu sungai ini (Citarum) dijuluki sungai terkotor di dunia. Kita dalam beberapa bulan kedepan harus diubah menjadi sungai terbersih,” ucapnya.

Gambar dua perahu layar yang Emil lukis juga sebuah harapan dimana pada zaman dulu banyak perahu layar yang lalu lalang di Sungai Citarum. Namun saat ini sudah tidak pernah ditemui.

Selain gambar dua perahu layar yang mengandung harapan, Emil juga berharap agar sungai Citarum ini bisa di nikmati oleh masyarakat.

“Ini ada gambar gunung, orang dan pohon. Itu artinya, air ini sumber kehidupan, jadi air ini harus di jaga jadi, apa yang dulu terjadi di masa depan juga bisa kita lihat,” ucapnya.

“Ini juga hutang kita kepada anak cucu kita kedepan,” lanjutnya.

 

(ipn)

 

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …