Pemkot Cimahi Segera Rotasi Belasan Pejabat Eselon II

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi bakal segera melakukan rotasi pejabat eselon II. Rotasi akan dilakukan terhadap 14 Jabatan Tinggi Pratama (JTP).

Kepala Badan Pengelolaan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Harjono mengatakan, izin rotasi setingkat kepala dinas sudah terbit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Tahapan rencana rotasi eselon II sampai saat ini sedang berjalan. Minggu lalu Pak Wali Kota menyampaikan izin dan sudah terbit izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” ujar Harjono saat ditemui di Pemkot Cimahi, Senin (24/9/2018).

Proses seleksi rotasi eselon II akan dilakukan oleh lima orang Panitia Seleksi (Pansel) independen yang terdiri dari akademisi, birokrat, dan budayawan.

Tercatat ada 14 setingkat kepala dinas dan asisten yang kinerjanya akan dinilai oleh Pansel. Pejabat yang akan dirotasi ialah yang sudah menjabat minimal dua tahun pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya, termasuk dirinya.

Sedangkan satu pejabat eselon II, yakni Kepala Dinas Kesehatan ikut juga diberikan penilaian mengingat masa jabatannya sudah lima tahun lebih. Hanya dua JTP yang tidak akan dirotasi, yakni Kepala Inspektorat dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) lantaran masa jabatannya masih baru.

“Pansel sudah rapat. Minggu kemarin sudah ada pemberitahuan kepada eselon II untuk membuat makalah. Sampai sekarang eselon 2 sedang menyelesaikan makalah mereka, kecuali Kadis DPKP dan Kepala Inspektorat,” bebernya.

Besok,(hari ini) pansel akan melakukan penskoran terhadap rekam jejak masing-masing pejabat. Dimulai dari penilaian aspek personaliti hingga kompetensi masing-masing.

“Knowledge, skill, dan attittude dalam unjuk kerja. Format penilaiannya sudah dibuat. Jadi indikator penilaiannya ditentukan pansel,” katanya.

Pada  tanggal 26-27 September, dilakukan tes wawancara terhadap semua pejabat eselon II. Setelahnya, Pansel akan melaporkannya kepada Wali Kota Cimahi. Kemudian 28 September paling cepat atau 2 Oktober walikota bersurat ke KASN untuk melakukan rotasi.

“Setelah itu, baru akan dilaksanakan pelantikan,” jelasnya.

(cr1)

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Tujuh Pendiri Saung Udjo Digugat

Sidang pertama penggugat pemisahan lahan peninggalan Udjo oleh Daeng Oktafiandi Udjo digelar di PN Bandung, Selasa (11/12). Namun, dari tujuh …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …