Imas Masitoh : Regulasi Baru Perkuat Peran Satpol PP

Imas Masitoh

Imas Masitoh

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah telah menerbitkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.


UU tersebut juga telah menerbitkan peraturan turunannya, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2016 tentang Satuan Polisi Pamong Praha.

Anggota Pansus Perubahan Perda Satpol PP, Imas Masitoh mengatakan, PP Nomor 16 Tahun 2016 berimplikasi pada penguatan kelembagaan Satpol PP.

Di daerah, lanjut dia, untuk merespon terbitnya peraturan tersebut harus melakukan perubahan atas Perda yang mengatur peran Satpol PP.

DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar saat ini telah menuntaskan Raperda Perubahan tentang Satpol PP, dimana prosesnya sedang menunggu rekomendasi dari pihak Kemendagri.

“Raperda ini diharapkan bisa direalisasikan menjadi Perda, sehingga dapat memperkuat peran Satpol PP,” tandas Imas kepada media ini, Selasa (25/9).

Imas menambahkan, melalui Perda baru ini, peran Satpol PP dalam menjalankan tupoksi, diantaranya penyelenggaraan ketertiban umum dan penegakan Perda dapat dilaksanakan lebih berkualitas.

“Perda baru ini diharapkan menuntaskan persoalan yang dihadapi Satpol PP,” ujar Imas.

Imas menyayangkan alokasi anggaran APBD untuk Satpol PP sangat minim. Padahal, untuk memaksimalkan tupoksi dibutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Tapi adanya Perda baru, alokasi anggaran Satpol PP bisa bertambah,” tandasnya.

Begitu pula sumber daya manusia (SDM) di Satpol PP jumlahnya sedikit. Di sejumlah daerah untuk menutup kekurangan SDM diisi oleh tenaga non PNS, yaitu tenaga harian lepas.

Harapan lain dengan hadirnya Perda baru soal Satpol PP,  pemerintah daerah dapat menambah dukungan sarana dan prasarana berupa kantor yang refresentatif.

(man/mun)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …