Ketahui Efek Negatif Terlalu Banyak Tidur di Akhir Pekan

POJOKBANDUNG.com, Akhir pekan sering dijadikan sebagai ‘balas dendam’ untuk memenuhi jam tidur yang kurang selama hari-hari kerja. Ya, banyak orang yang tidur berlebihan saat akhir pekan tiba. Apakah Anda salah satunya?

Jika ya, Anda harus segera menghentikan kebiasaan tersebut. Fakta menyebutkan bahwa kebanyakan tidur di akhir pekan bisa mendatangkan segudang dampak negatif bagi kesehatan.

Bahaya kebanyakan tidur

Tidur berlebihan alias hipersomnia tergolong sebagai gangguan medis yang meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami rasa kantuk ekstrem sepanjang hari. Hal tersebut menyebabkan mereka tidur untuk waktu yang sangat lama di malam hari.

Banyak orang dengan hipersomnia mengalami gejala kecemasan, kurang bertenaga, dan gangguan memori. Tak sekadar itu, penelitian juga mengatakan bahwa kebanyakan tidur bisa mengakibatkan beberapa dampak negatif berikut ini:

1.Risiko diabetes mellitus yang lebih tinggi

Sama halnya dengan kurang tidur, kebanyakan tidur juga bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes mellitus. Ini adalah penyakit yang terjadi akibat tubuh tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah cukup, sehingga kadar gula darah cenderung tinggi.

2.Obesitas

Terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan berat badan meningkat. Bahkan, jika dilakukan secara berulang dan berkelanjutan, terlalu banyak tidur bisa menyebabkan Anda berakhir pada kondisi obesitas alias kelebihan berat badan.

3.Sakit kepala

Bagi sebagian orang yang rentan terhadap sakit kepala, tidur lebih lama dari biasanya di akhir pekan bisa menyebabkan sakit kepala. Para peneliti percaya bahwa kelebihan tidur bisa memberikan efek negatif pada neurotransmitter tertentu di otak, termasuk serotonin.

Efek kesehatan lainnya seperti nyeri punggung, penyakit jantung, depresi, sleep apnea hingga kematian dini akibat penyakit lain juga mengintai Anda jika terlalu lama tidur.

 

(NB/ RVS/klikdokter)

loading...

Feeds