Panjang Trotoar Bandung177 Km, Jalan 1.200 Km

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Panjang trotoar di Kota Bandung tidak seimbang dengan panjang jalannya.

“Panjang jalan di Kota Bandung 1.200 kilometer, sementara panjang trotoar hanya 177 kilometer,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum ( DPU) Kota Bandung Arief Prasetya, Sabtu (22/9/2018).

Arief mengatakan, ketidakseimbangan ini lantaran perkembangan pembangunan di Kota Bandung. Sehingga, tidak semua jalan memiliki trotoar.

“Di beberapa kawasan, ada perluasan jalan, sehingga membuat trotoar di kawasan tersebut hilang,” tambahnya.

Beberapa ruas jalan yang tidak memiliki trotoar di antaranya di Kawasan Ciwastra dan Kawasan Ujungberung.

“Kalau untuk jalan protokol, semua sudah punya trotoar, yang belum punya memang rata-rata kawasan penyangga,” terang Arief.

Namun, untuk membuat agar seluruh jalanan di Kota Bandung memiliki trotoar, Arief mengatakan tidaklah mudah. Pasalnya saat membuat trotoar, harus bersamaan dengan membuat drainase, agar tidak harus gali lubang tutup lubang berkali-kali.

.”Bahkan tahun ini pun tidak ada anggaran untuk penambahan trotoar, tahun ini baru DED-nya saja. Kita baru menganggarkan di tahun depan,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Folmer Silalahi mengatakan, memang sangat sulit membuat semua jalan di Kota Bandung memiliki trotoar.

“Karena sesuai dengan kondisi jalan, hirarki, tentu menyebabkan ada sebagian jalan yang gak punya trotoar,” kata Folmer.

Untuk itu, kata Folmer, pihaknya mengajak Kota Bandung untuk memikirkan solusi, agar bisa membuat trotoar di lahan-lahan yang seadanya.

Misalnya dengan menutup drainase dan gorong-gorong, sehingga bisa digunakan untuk pejalan kaki.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan pembebasan lahan, di halaman rumah warga seluas 1 meter persegi, untuk dibuat trotoar.

“Solusi lain misalnya dengan menggunakan sonsep skywalk. Itu kan sebenarnya trotoar melayang. Bisa dibangun di beberapa titik,” tambah Folmer.

Namun, itu semua merupakan konsep jangka panjang. Dan menurut Folmer sendiri, tidak ada solusi jangka pendek untuk mengatasi ini.

“Karena membuat trotoar membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, untuk solusi jangka pendek tidak memungkinkan,” pungkasnya.

 

(mur/pojokbandung)

loading...

Feeds

ypt

YPT Bangun Telkom University Landmark Tower

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Telkom University tengah mempersiapkan dua Fakultas baru. Untuk merealisasikannya, Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) akan membangun fasilitas gedung …
musim

Musim Kemarau,Waspada Terjadi Kebakaran

POJOKBANDUNG.id, CIMAHI – Pemadam Kebakaran Kota Cimahi mewaspadai potensi kebakaran ilalang dan kebakaran akibat pembakaran sampah memasuki musim kemarau tahun …
devisit

Kota Bandung Devisit Anggaran Rp609 Miliar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki sejumlah alternatif untuk menambah pendapatan daerah. Pemangkasan anggaran belanja tidak langsung kemungkinan …
militer

Taman Militer Cimahi Sedot Rp 450 Juta

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Untuk memperindah tata kota, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cimahi segera melakukan pembangunan dekorasi kota. Khusus …

Pentingnya Adaptasi Akuntan di Era 4.0

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) bekerjasama dengan Pranadipta Consulting melaksanakan Focus Group Discussion …
komando

Koopsau Torehkan Tinta Emas

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Sejak dibentuk pada tanggal 15 juni 1951, Komando Operasi TNI Angkatan Udara telah menorehkan banyak tinta emas dalam …
tiga

Tiga Raperda Terus Dibahas

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Provinsi Jawa Barat terus mematangkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Tiga …