Panjang Trotoar Bandung177 Km, Jalan 1.200 Km

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Panjang trotoar di Kota Bandung tidak seimbang dengan panjang jalannya.

“Panjang jalan di Kota Bandung 1.200 kilometer, sementara panjang trotoar hanya 177 kilometer,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum ( DPU) Kota Bandung Arief Prasetya, Sabtu (22/9/2018).

Arief mengatakan, ketidakseimbangan ini lantaran perkembangan pembangunan di Kota Bandung. Sehingga, tidak semua jalan memiliki trotoar.

“Di beberapa kawasan, ada perluasan jalan, sehingga membuat trotoar di kawasan tersebut hilang,” tambahnya.

Beberapa ruas jalan yang tidak memiliki trotoar di antaranya di Kawasan Ciwastra dan Kawasan Ujungberung.

“Kalau untuk jalan protokol, semua sudah punya trotoar, yang belum punya memang rata-rata kawasan penyangga,” terang Arief.

Namun, untuk membuat agar seluruh jalanan di Kota Bandung memiliki trotoar, Arief mengatakan tidaklah mudah. Pasalnya saat membuat trotoar, harus bersamaan dengan membuat drainase, agar tidak harus gali lubang tutup lubang berkali-kali.

.”Bahkan tahun ini pun tidak ada anggaran untuk penambahan trotoar, tahun ini baru DED-nya saja. Kita baru menganggarkan di tahun depan,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Folmer Silalahi mengatakan, memang sangat sulit membuat semua jalan di Kota Bandung memiliki trotoar.

“Karena sesuai dengan kondisi jalan, hirarki, tentu menyebabkan ada sebagian jalan yang gak punya trotoar,” kata Folmer.

Untuk itu, kata Folmer, pihaknya mengajak Kota Bandung untuk memikirkan solusi, agar bisa membuat trotoar di lahan-lahan yang seadanya.

Misalnya dengan menutup drainase dan gorong-gorong, sehingga bisa digunakan untuk pejalan kaki.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan pembebasan lahan, di halaman rumah warga seluas 1 meter persegi, untuk dibuat trotoar.

“Solusi lain misalnya dengan menggunakan sonsep skywalk. Itu kan sebenarnya trotoar melayang. Bisa dibangun di beberapa titik,” tambah Folmer.

Namun, itu semua merupakan konsep jangka panjang. Dan menurut Folmer sendiri, tidak ada solusi jangka pendek untuk mengatasi ini.

“Karena membuat trotoar membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sehingga, untuk solusi jangka pendek tidak memungkinkan,” pungkasnya.

 

(mur/pojokbandung)

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Tujuh Pendiri Saung Udjo Digugat

Sidang pertama penggugat pemisahan lahan peninggalan Udjo oleh Daeng Oktafiandi Udjo digelar di PN Bandung, Selasa (11/12). Namun, dari tujuh …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …