Membersihkan Mesin Injeksi dengan Gampang, Perhatikan Ini

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Saat ini, sistem karburator pada motor mulai ditinggalkan. Beberapa produsen roda dua telah beralih ke teknologi injeksi. Sistem ini berkerja memasok bahan bakar secara otomatis dari ECU.

Seiring pemakaian dan kualitas bensin yang buruk akan berpotensi menyumbatnya injektor. Jika sudah begini, maka pasokan bensin untuk mesin pun terhambat dan perlu dibersihkan.

Namun cara pembersihannya pun tidak begitu sulit dan bisa dikerjakan di rumah asalkan Anda memiliki perlengkapannya. Jika tidak punya, lebih baik datang ke bengkel resmi agar pembersihan injektor lebih maksimal.

Menurut Teknisi Autofit Eko Sutrisno mengatakan, perawatan mesin injeksi jadi itu harus benar-benar bersih di bagian dalam injektor tersebut. Cara membersihkannya pun tidak hanya disemprot saja.

“Kalau hanya disemprot saja, cairan tidak akan masuk ke dalam injektor. Jadi harus pakai alat dan cairan yang bisa bersikulasi dari alat tersebut menuju injektor, kemudian ke ruang bakar dan sampai ke knalpot pembuangan , itu baru bersih,” ujar Eko kepada JPNN.com pada saat acara Bekraf Habibie Festival 2018, di Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/9).

Cairan pembersih mesin injeksi.

 

Eko menambahakan, untuk bengkel resmi hampir semua pasti menggunakan alat tersebut. Tapi, kata Eko, untuk bengkel biasa hanya sebagian yang menggunakan alat pembersih injektor.

loading...

Feeds