Peringati 10 Muharram, PKB Jabar Serentak Santuni  Anak Yatim

Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda didampingi Sekertaris DPW PKB Jabar Sidkon Djampi dan Bendara DPW PKB Jabar Muhamad Dawam, memberikan santunan kepada anak yatim, Kamis (20/9).

Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda didampingi Sekertaris DPW PKB Jabar Sidkon Djampi dan Bendara DPW PKB Jabar Muhamad Dawam, memberikan santunan kepada anak yatim, Kamis (20/9).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Memperingati 10 Muharram 1440 H,  Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Barat serentak  santuni 3.001 anak yatim piatu di 27  DPC PKB Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Kamis (20/9/2018).

Sekertaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi, mengatakan bahwa Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah Swt mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya.

“Muharam menjadi sakral dan membumi di Nusantara karena memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur’an, sebagaimana termaktub dalam firman Allah Surat At Taubah Ayat 36,” ujarnya saat ditemui di kantor DPW PKB Jabar, saat memberikan santunan anak yatim piatu.

Guna memperingati 10 Muharram tersebut, kata Sidkon, atas dasar arahan Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda mengintruksikan kepada seluruh DPC PKB se- Jawa Barat mengadakan santunan secara serentak.

“Santunan anak yatim ini tidak hanya di gelar di sini (Kantor DPW PKB Jabar), tapi kami juga laksanakan serentak di 27 DPC PKB se Jawa Barat dengan total anak yatim yang kami santuni lebih dari 3.001 anak yatim,” paparnya.

Selain mencari keberkahan untuk kemajuan PKB, santunan yatim piatu  tersebut dilaksanakan tutur Sidkon dalam rangka “ngngurip-nguripi” budaya Islam Jawa yang saat ini mulai luntur dan ditinggalkan generasi muda.

“Sesuai Hadist Nabi Muhammad, yang menganjurkan berpuasa selama 3 hari tanggal 9, 10, dan 11 Muharram atau Syura, kita disuruh untuk berpuasa,” katanya.

Selain itu, anjuran di hari Asyura terutama pada hari kesepuluh juga umat Islam dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu.

“Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin tiap 10 Asyura,” beber Sidkon. 

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Tujuh Pendiri Saung Udjo Digugat

Sidang pertama penggugat pemisahan lahan peninggalan Udjo oleh Daeng Oktafiandi Udjo digelar di PN Bandung, Selasa (11/12). Namun, dari tujuh …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …