KPU Pastikan Caleg DPR Tak Ada Mantan Napi Korupsi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR untuk Pemilu 2019 bersih dari mantan terpidana korupsi.

Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, sebelumnya memang ada beberapa nama yang diusulkan partai politik sebagai bakal caleg mantan napi korupsi.

Namun kemudian nama-nama tersebut dicoret oleh penyelenggara pemilu.

“Misalnya dari PDIP, berdasarkan masukan masyarakat sebelumnya diketahui ada nama mantan napi koruptor,” ujar Ilham di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (20/9).

Terhadap masukan tersebut, PDIP menyatakan bersedia mengganti. Sayangnya, salah satu nama yang diusulkan sebagai pengganti berasal dari daerah pemilihan lain.

“Dalam peraturan itu tidak boleh beda dapil. Selain itu, juga tidak boleh mendaftarkan satu nama dua kali di dapil tertentu,” ucapnya.

Karena itu, kata Ilham kemudian, KPU terpaksa mencoret nama yang dimaksud tanpa ada nama pengganti dari PDIP.

Contoh lain, KPU juga mencoret satu nama bakal caleg dari Partai Hanura dan terhadap pencoretan tersebut tidak dilakukan penggantian, karena tidak diusulkan oleh Hanura.

“Jadi, saya mengklarifikasi bahwa di DCT DPR tidak ada calon yang berasal dari mantan napi korupsi,” pungkas Ilham.

(gir/jpnn)

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.