Tingkatkan Pemahaman Program JKN-KIS kepada Serikat Pekerja di Kota Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Banyaknya masyarakat yang belum memahami Program JKN-KIS membuat BPJS Kesehatan terus melakukan kegiatan-kegiatan baik langsung ke masyarakat ataupun melalui lembaga-lembaga yang dekat dengan masyarakat sehingga dapat memperluas jangkauan informasi langsung kepada masyarakat salah satunya dengan melakukan audiensi dan sosialisasi kepada serikat pekerja, yang dalam kesempatan kali ini adalah FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) Kota Cimahi pada Selasa, (18/09/2018).

“Dari sisi BPJS Kesehatan, tentu sosialisasi seperti ini sangat membantu dalam hal menyebarkan dan menginformasikan lebih luas terkait program-program BPJS Kesehatan. Sedangkan bagi rekan-rekan yang hadir tentu menambah pengetahuannya tentang BPJS Kesehatan, program JKN-KIS dan dapat mengedukasi lingkungan kerja, saudara, atau tempat tinggalnya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Yudha Indrajaya.

Dalam kegiatan tersebut salah satu pengurusFSPMI, Yayan Mulyana berpendapat bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat agar pemberian informasi yang akurat tentang JKN-KIS kepada masyarakat dapat diterima secara merata dan dapat menyamakan persepsi antara BPJS Kesehatan dan .

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami jadi lebih tahu dan bisa berkomunikasi lebih dekat dengan BPJS Kesehatan mengenai apa keluhan yang sering terjadi di masyarakat dan apa solusinya. Nanti kami bisa sampaikan kepada masyarakat sekitar mengenai informasi yang sudah diberikan BPJS Kesehatan ini,” ungkap Yayan.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 20 pengurus dan anggota FSPMI Kota Cimahi tersebut diisi dengan diskusi antar kedua pihak. Dalam kesempatan tersebut dibicarakan juga terkait sampai saat ini masih adanyabeberapa perusahaan yang belum mendaftarkan seluruh pekerjanya ke program JKN-KIS.

“Di lapangan masih ada pekerja yang belum terdaftar dari perusahaannya, kita diskusi dan menjawab berbagai problem di lapangan yang dirasakan teman-teman selanjutnya kita kasih informasi yang solutif,” tambah Yudha.

Adapun diskusi dalam kegiatan tersebut mayoritas mengenai keluhan masyarakat khususnya pekerja tentang kurangnya kesadaran pengusaha untuk mendaftarkan pekerjanya secara keseluruhan.

Seluruh serikat pekerja serta lembaga-lembaga lainnya diharapkan dapat menjadi mitra dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat yang mungkin belum mengetahui dengan secara lengkap dan jelas mengenai program JKN-KIS mulai dari proses pendaftaran, pembayaran iuran hingga pelayanan di FKTP dan FKRTL.

(dh)

loading...

Feeds

timor

Peledakan Pertama di Timor Leste

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – PT. DAHANA (Persero) melakukan first blasting di project kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste, Jumat (12/7/2019). …
kota

Peran Ulama Sinergikan Pembangunan Kota

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M. Danial memastikan membutuhkan ulama untuk membangun Kota Bandung. Hubungan umara (pemimpin pemerintahan) dengan …
ciamis

Emil Mulai Garap Infrastruktur Ciamis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan banyak program pembangunan di Kabupaten Ciamis dalam lima tahun mendatang. Termasuk …

UPT Klinik Hewan Dispangtan Layani USG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- UPT Klinik Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung melayani USG untuk hewan-hewan peliharaan. “Sebetulnya, USG ini …