ITB Tingkatkan Kemajuan Ekosistem Sains di Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pengembangan Kawasan Sains dan Teknologi/Science Technology Park (KST/STP) oleh Institute Teknologi Bandung (ITB), dicanangkan sebagai riset inovasi dan pengembangan entrepreneurship.


Ketua LPIK-ITB, Sigit Puji Santosa menyampaikan, salah satu kegiatan networking untuk sinergi akademisi, industri, dan pemangku kebijakan ini dengan mengadakan forum ITB-CEO Net & Entrepreneurship Festival, yang telah diselenggarakan tiap tahun mulai 2015.

“Melakukan kolaborasi untuk mendorong pertukaran pengetahuan antara perguruan tinggi, industri, pemerintah dan masyarakat yang akan menjadi mesin inovasi penggerakan ekonomi bangsa,” ujarnya Sigit di Aula ITB, Selasa (18/9/2018).

Kesamaan visi dan tujuan dalam pelaksanaan kolaborasi menjadi tahap pertama yang harus disepakati. Bertemakan ‘Orchestrating Innovation Ecosystem Melalui KST/STP’, dapat dikembangkan menjadi pusat riset dan inovasi dan melakukan inkubasi bisnis.

“Pengembangan perusahaan rintisan, spin off perusahaan dan peluang-peluang pengembangan kewirausahaan,” tuturnya.

Kegiatan ini pada dasarnya merupakan miniatur dari ekosistem inovasi, yang segera akan diwujudkan dengan pengembangan dan pembangunan KST/STP.

“Ekosistem inovasi diharapkan segera menemukan wujudnya yang ideal dengan demikian Indonesia dapat melahirkan inovasi-inovasi yang mampu meningkatkan kualitas hidup manusia baik untuk Indonesia maupun dunia internasional,” pungkasnya.

(nda)

Loading...

loading...

Feeds