Kemarau, Sudah Dua Minggu Warga Cimahi Selatan Alami Krisis Air

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Warga Komplek Nusa Persada RW 13 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan kesulitan air bersih. Itu terjadi sejak dua minggu lalu. Bahkan, pasokan air dri PDAM Tirtaraharja mengalami penurunan suplai air.


Akibatnya, warga di komplek tersebut terpaksa harus meminta air dari warga lain yang menggunakan pompa air, atau menunggu bantuan air dari PDAM serta pihak lainnya.

Salah seorang warga komplek, Lilis, mengaku suplai air dari PDAM atau bantuan dari pihak lain sangat ditunggu olehnya dan warga lain. Air yang diperolehnya akan dipergunakan untuk keperluan memasak, mandi dan lainnya.

“Paling untuk masak saja. Soalnya kalau untuk mandi dan mencuci itu minta dari warga lain atau ambil dari masjid selama kekeringan ini,” ujar Lilis, Minggu (16/9/2018).

Warga lainnya, Rangga, berharap PDAM kembali mengalirkan air, sehingga ia tak perlu repot-repot mengantre pembagian air bersih.

“Biasanya kan ngalir jam 1 atau jam 2 malam, walaupun kecil ya lumayan bisa penuh bak mandi atau ember sampai pagi. Kalau nunggu tangki kiriman kan ribet juga, karena harus angkut dan nanti dimasukkan lagi ke bak,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 13 Momon Suparlan, berharap kemarau bisa segera berlalu sehingga suplai air bagi warganya bisa kembali normal.

“Ya untuk sekarang mengandalkan bantuan dulu. Kalau bisa minimal 2 hari sekali dapat kiriman air. Kasihan kalau seperti ini terus,” tandasnya.

Tak ingin warganya terus menerus mengalami kekeringan, Anggota DPRD Kota Cimahi, Dadang Mulyana turun tangan untuk membantu kebutuhan warga terhadap air bersih. sebanyak 6000 liter air pun diturunkan.

“Kebetulan rumah saya tidak jauh dari sini, dan saya sangat tahu bagaimana kesulitan air bersih warga disini, yang hampir setiap tahunnya pasti mengalami kekeringan. Sebagai wakil rakyat, tentu saya wajib membantu,” ungkap Dadang.

Bersama warga lainnya, Dadang turut membantu membagikan air pada warga yang rata-rata menggunalan jerigen, ember, atau tong besar.

“Memang ke wilayah selatan ini sangat terasa dampak kekeringannya. Mungkin bantua saya tidak terlalu banyak, tapi semoga membantu. Mudah-mudahan proyek SPAM Gambung PDAM dan penampungan air bersih di selatan bisa segera terealisasi, jadi bisa membantu kesulitan air bersih di selatan,” tandasnya.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Menyongsong Peradaban Baru Era 5.0

SEIRING perjalanan hidup manusia beserta peradaban yang dilahirkannya, kemajuan industri dan teknologi kerap tercermin dari masa ke masa. Generasi demi …