Universitas Pasundan Gelar Diskusi Terbatas Terkait Pilpres 2019

pakar ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung Muradi, Anggoro Budi N (pengamat ekonomi Institut Teknologi Bandung), Tata S Wirasasmita (pakar statistika Unpad), Rudi Martiawan (pengamat kebijakan publik Unpas), dan Ridho Eisy (pakar media).

pakar ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung Muradi, Anggoro Budi N (pengamat ekonomi Institut Teknologi Bandung), Tata S Wirasasmita (pakar statistika Unpad), Rudi Martiawan (pengamat kebijakan publik Unpas), dan Ridho Eisy (pakar media).

POJOKBANDUNG.com, FAKULTAS Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan menyelenggarakan diskusi terbatas terkait Pemilihan Presiden 2019, di Kampus Fisip Unpas, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung, Sabtu (15/9/2018).

Diskusi bertema ‘Quo Vadis Pilpres 2019’, menghadirkan pembicara seperti pakar ilmu Politik Universitas Padjadjaran Bandung Muradi, Anggoro Budi N (pengamat ekonomi Institut Teknologi Bandung), Tata S Wirasasmita (pakar statistika Unpad), Rudi Martiawan (pengamat kebijakan publik Unpas), dan Ridho Eisy (pakar media).

Menurut Muradi, ada tantangan sekaligus ancaman dalam Pemilihan Umum 2019 mendatang. Ancaman yang serius, dikatakan dia, adalah menguatnya politik populisme, politik sempit yang menggunakan media sosial.

“Tapi, tantangannya adalah hal yang baik, karena 2019 bisa menjadi milestones bagi generasi mendatang. Jadi, banyak calon yang berpotensi di luar Pak Jokowi (Joko Widodo), ménjadikan 2019 sebagai pengalaman untuk 2024,” urai Muradi.

Muradi menuturkan, dalam perpolitikan nasional terdapat polarisasi ideologi. Dalam artian, partai politik yang secara ‘de facto’ telah mendukung salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, berpindah ke calon lainnya. Muradi menilai, untuk pendidikan politik hal itu sebenarnya tidak baik.

“Karena orang berpindah haluan bukan karena ideologi, melainkan kepentingan semata,” beber dia.

Dalam diskusi terbatas tersebut, dibahas pula tantangan ekonomi yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Selain itu, masyarakat juga tengah dihadapi dengan membanjirnya berita bohong atau hoaks yang sering menjadi pemicu perpecahan.

(nda)

Loading...

loading...

Feeds

L300 Memang Andalan Pengusaha

Animo pengusaha memakai L300 sebagai kendaraan operasional terbukti tetap tinggi.Hal tersebut terbukti pada acara Gebyar Wirausaha Mitsubishi
pandu

Subang, Kuasai Dunia dengan Pandu Digital

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Kementerian Komunikasi dan Informasi mengelar Seminar Nasional dan Lokakarya Pembentukan Pandu Digital Kabupaten Subang, bertempat di Aula Pemkab …
spn

SPN 2019 Beri Pengalaman untuk Anak Dayak

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG -27 siswa asal Kalimantan Timur mendapat kesempatan mengenal Provinsi Jawa Barat lebih dekat. Para siswa diberi beragam pengalaman …
sukabumi

Pick-Up Colt L300 Dominasi Sukabumi

POJOKBANDUNG.com, PT SRIKANDI Diamond Cemerlang Motors dealer Mitsubishi Wilayah Sukabumi, didukung PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Distributor …
dana

Dana Hibah untuk PMI Turun Drastis

POJOKBANDUNG.com, BATUJAJAR – Kucuran dana hibah dari APBD Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk lembaga kemanusian Palang Merah Indonesia (PMI) KBB …