Memudahkan Peserta JKN-KIS dan Mempercepat Pelayanan Lewat Rujukan Online

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – BPJS Kesehatan kembali hadir dengan inovasi terbarunya, pelayanan di fasilitas kesehatan yang menjadi mitra BPJS Kesehatan semakin dioptimalkan melalui berbagai pengembangan teknologi, diantaranya melalui sistem rujukan online.

Dengan diluncurkannya sistem rujukan online ini, diharapkan dapat mempermudah peserta JKN-KIS dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan medis pasien.

Peserta JKN-KIS yang telah merasakan kemudahan dari sistem rujukan online ini, salah satunya adalah Dasep Setiawan (32), seorang karyawan swasta yang bertempat tinggal di Citeureup, Kota Cimahi yang beberapa waktu lalu mengantar istrinya berobat ke poli kandungan RS Dustira, Kota Cimahi.

Istri Dasep kini sedang hamil anak pertamanya dengan usia kehamilan delapan bulan. Saat itu ia datang memeriksakan kehamilan istrinya di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP)sesuai dengan yang tertera pada kartu JKN-KIS, kemudian ia disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang ada di RS Dustira. Petugas pada FKTP lalu merujuknya dengan sistem online yang sudah terkoneksi secara real time.

“Kami sangat dimudahkan dengan diterapkannya sistem rujukan online ini, karena istri saya tidak perlu antri terlalu lama untuk mendapatkan pelayanan RS. Dulu, istri saya pernah dirujuk ke RS Dustira juga, untuk konsultasi dengan dokter spesialis kandungan di sini, tapi saat itu prosesnya memang agak lama, saya harus antri agak lama di loket. Kalau sekarang merasakan ada perbedaan, cepat dan praktis, mungkin karena istri saya dirujuknya secara online. Waktu itu hanya antri sebentar saja dan cukup menunjukkan Kartu JKN-KIS, istri langsung masuk ruangan pemeriksaan dokter,” ungkap Dasep saat ditemui Kamis (13/09).

Dengan diterapkannya sistem rujukan online, diharapkan dapat memberikan kepastian dan kemudahan serta kenyamanan bagi peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tidak hanya mempermudah peserta, sistem rujukan online ini juga dapat memudahkan fasilitas kesehatan karena dapat memberikan rujukan secara real time dengan data pada FKTP yang merujuk dan akan langsung terkoneksi ke FKRTL atau RS yang dituju atau penerima rujukan.

“Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan. Lewat rujukan online ini, saya merasa lebih nyaman dan dimudahkan, serta pelayanan yang didapat menjadi lebih cepat. Terlebih lagi saya tidak perlu mengantri lama untuk masuk poli dan tidak perlu takut lagi apabila tertinggal atau kehilangan surat rujukan, karena seluruh data informasi rujukan sudah terekam secara otomatis di rumah sakit,” tutup Dasep.

(dh)

loading...

Feeds

Anak Tito Jadi Korban Hoaks

Jagat media sosial sedang ramai membahas video perempuan muda dengan gaya hidup glamor. Turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal …