Kompak, Dua Pencuri di Cimahi Ini Berhasil Diamankan Warga

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Potensi tindak kriminal bisa terjadi di daerah maupun wilayah lain. Terlebih, para pelaku kejahatan tidak pernah memilih lokasi atau daerah manapun. Sejauh ini kasus yang terjadi di lingkungan masyarakat tak lain adalah, pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Tindakan ini disebut dengan C3.


Kapolsek Cimahi Selatan AKP Sutarman mengatakan, dalam upaya menekan aksi kriminalitas khsusnya di wilayah Kota Cimahi, peran masyarakat dalam mengamankan wilayahnya menjadi faktor utama menghindarkan segala tindak pidana, terutama C3.

“Menjaga keamanan lingkungan sudah menjadi tanggungjawab bersama, maka jangan sampai ada celah yang bisa dimanfaatkan pelaku kriminal,” kata Sutarman.

Sebagai contoh kompaknya warga dalam menjaga keamanan lingkungan, aksi tindakan C3 ini sering berhasil diamankan warga.

Terbaru, kejadian pencurian dengan pemberatan terjadi di Komplek Suaka Indah, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Dua orang pria, atas nama Roni Widianto (37) dan Anwar (32), tertangkap basah melakukan aksi pencurian di sebuah rumah kosong di komplek tersebut. Nahas bagi keduanya, warga yang tersulut emosinya saat melakukan penangkapan beramai-ramai menghantamkan bogem bentah dan sejumlah benda tumpul.

“Pada 10 September sekitar jam 18.00 telah ditangkap oleh warga setempat pelaku pencurian rumah kosong,” ungkapnya.

Setelah dua pria itu diamankan pihaknya dan dilakukan pemeriksaan, ternyata hanya pria bernama Roni Widianto yang terbukti sebagai pelaku pencurian, sedangkan Anwar (32) tidak terbukti sebagai pelaku.

Kronologisnya, pelaku bernama Roni masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel pintu depan menggunakan linggis. Sementara Anwar menunggu motor yang digunakan Roni di pekarangan rumah.

“Kemudian peristiwa itu diperegoki masyarakat. Akhirnya tersangka dapat ditangkap oleh masyarakat termasuk temannya, si Anwar yang menunggu di atas motor,” tutur Sutarman.

Setelah dilakukan pengecekan secara intensif, ternyata Anwar hanyalah seorah sopir angkot yang tidak tahu menahu aksi pencurian yang dilakukan Roni. Anwar hanya dimintai tolong untuk mengantar Roni ke rumah tersebut.

Pihaknya juga telah menyingkronkan keterangan dari keduanya, dan pelaku Roni juga menyatakan bahwa Anwar tak terlibat. Pihaknya juga sudah memanggil korban untuk menjelaskan status Roni dan Anwar.

“Oleh sebab itu karena tidak ada bukti yuridis bagi kita untuk mejerat si Anwar, makanya kita kembalikankepada keluarganya, kemudian kita jelaskan kepada korban,” tegasnya.

Loading...

loading...

Feeds

Gisel Penuhi Wajib Lapor Diantar Kekasih

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA-Gisella Anastasia kembali memenuhi panggilan panggilan polisi untuk wajib lapor terkait kasus video syur dirinya dengan Michael Yukinobu. Gisel …