Bagaimana Cara Mengetahui Masa Subur Pria? Ini Tujuh Caranya…

POJOKBANDUNG.com- Bukan hanya kaum perempuan, ternyata para pria juga memiliki masa subur loh. Bagaimana cara mengetahui masa subur pria? Ini tujuh caranya.

Masa subur pada pria adalah kondisi dimana sperma berada di dalam kondisi yang sangat baik dan mempunyai peluang yang cukup besar untuk bisa membuahi sel telur.

Pada pria, selama masih menghasilkan sperma dengan kualitas baik dan dalam jumlah yang cukup, maka hal itu bisa dianggap masih dalam masa subur. Berbeda dengan perempuan, pria memiliki masa subur setiap hari. Namun masa subur ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Melansir WebMD yuk simak faktor2 yang bisa mempengaruhi kesuburan sperma:

  1. Kuantitas

Idealnya, sekali ejakulasi, seorang pria dapat mengeluarkan hingga 15 juta sel sperma per mililiter. Jika kurang dari itu maka pembuahan sel telur menurun.

  1. Pergerakan

Agar kemungkinan pembuahan bisa terjadi, setidaknya 40 persen sperma harus memiliki kemampuan bergerak yang baik.

  1. Struktur

Normalnya, bentuk sperma terdiri atas kepala yang berbentuk oval dan berekor panjang.

  1. Musim

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, pada musim dingin produksi sel sperma lebih banyak dibandingkan pada waktu musim panas.

  1. Waktu Puncak

Waktu puncak produksi sperma tersebut yaitu terjadi pada saat suhu masih dingin. Juga pada dini sampai pagi hari, yaitu sekitar jam 04.00 sampai jam 07.00 pagi.

  1. Waktu Keluarnya Sel Pertama

Di mana masa paling suburnya yaitu pada hari ke-3 sampai ke-7 setelah sperma keluar dari organ reproduksi (ejakulasi terakhir). Pada masa ini sel sperma telah berada pada kondisi yang matang dan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat optimal untuk membuahi sel telur.

  1. Tes Laboratorium

Cara yang paling akurat untuk mendeteksi kesuburan pria adalah melalui tes laboratorium. Indikatornya antara lain yaitu dari volume yang dihasilkan dalam sekali ejakulasi, berbau khas, warna kelabu pucat, konsentrasi sel sperma 20 juta per mililiter.

(popular/pojokbandung)

 

 

 

loading...

Feeds