Sering Menunda Buang Air Kecil? Hentikan dari Sekarang. Jika Tidak….

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Bagi Anda yang sering menahan kencing, sepertinya kebiasaan ini harus segera dihindari karena bisa mengancam kesehatan.

Kencing atau buang air kecil sendiri merupakan sebuah proses alami yang terjadi di dalam tubuh untuk mengeluarkan limbah dan racun.

Berikut dampak yang terjadi pada tubuh bila Anda sering menahan buang air kecil, seperti dilansir dari klikdokter.

  1. Infeksi saluran kencing

Jika Anda adalah tipe orang yang sering menolak keinginan untuk kencing saat berada di tempat kerja, bersiaplah menghadapi risiko infeksi saluran kencing. Air kencing banyak mengandung kuman. Jika cairan ini diam terlalu lama di kandung kemih maka bisa menyebabkan infeksi.

Baca Juga:

Anda Sering Pegal atau Nyeri Leher? Begini Solusinya

Atasi Lelah Anda dengan Tidak Minum Minuman Berenergi. Ini Caranya….

  1. Pembentukan batu ginjal

Beberapa orang rentan terhadap pembentukan batu ginjal. Jika Anda sering menahan keinginan buang air kecil, hal ini bisa membuat kondisi semakin buruk.

Batu ginjal dalam ukuran yang sangat kecil biasanya dapat dikeluarkan melalui urine. Supaya mencegah terbentuknya batu ginjal, Anda diharuskan banyak minum air dan segera pergi ke kamar mandi jika tubuh mengirimkan sinyal untuk kencing.

  1. Peradangan kandung kemih

Saat Anda menahan keinginan untuk kencing, dinding kandung kemih berisiko peradangan, kondisi ini dikenal sebagai sistitis. Infeksi saluran kemih ini umumnya disebabkan masuknya bakteri ke dalam saluran kemih melalui uretra, yang kemudian berkembang biak.

Jika Anda sering mengalami buang air kecil dan terasa sakit selama beberapa jam atau melihat darah di urine, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Susah Tidur Nyenyak di Malam Hari, Ikuti Langkah Berikut Ini

Menurut Penelitian, Ini Bahaya Kerja Pagi-pagi

  1. Kandung kemih membengkak

Kandung kemih memiliki kapasitas yang sangat terbatas, dan menahan kencing bisa membuatnya membengkak. Kandung kemih hanya bisa menampung sekitar tiga gelas air.

Bila kandung kemih penuh, ada reseptor di otak yang bertanggung jawab mengirimkan sinyal untuk memberitahu bahwa Anda perlu pergi ke kamar mandi.

Untuk memastikan kandung kemih tetap sehat, jangan menahan kencing. Anda perlu buang air kecil sesering mungkin untuk menghindari penumpukan urine di dalam tubuh, karena kondisi ini berisiko mengakibatkan infeksi saluran kencing (ISK), khususnya bagi wanita hamil.

(DA/RVS)

loading...

Feeds

PKB Polisikan Ustad Yahya Waloni

Sekjend PKB Abdul Kadir Karding melaporkan Ustad Yahya Waloni ke Bareskrim karena pernyataannya dianggap menghina Megawati Soekarnoputri, Ma’ruf Amin dan …