Kecamatan Lengkong di Kota Bandung, Siap Jadi Daerah Pariwisata

Kantor Kecamatan Lengkong, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung.

Kantor Kecamatan Lengkong, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Camat Lengkong, TB Agus Mulyadi menjawab tantangan Ridwan Kamil untuk mengubah daerahnya menjadi kecamatan pariwisata. Tantangan itu langsung dijawab dengan serangkaian gagasan dan gerakan.


“Hal pertama yang akan saya lakukan adalah menggelar culinary night dengan tema tertentu. Misalnya, jika kami menggelar tema minang, maka makanan yang akandijual adalah makanan padang, dengan nuansa dan dekorasi Padang di sepanjang jalan,” ucap Agus.

Agus menyebut, sebagai tahap awal pihaknya akan menggandeng EO untuk gelaran culinary night. Rencananya acara akan digelar pada 24 dan 25 November 2018 di Jalan Talaga Bodas atau di Jalan Lodaya.

Langkah selanjutnya, kata Agus, untuk menghidupkan pariwisata di Kecamatan Lengkong pihaknya akan memaksimalkan Kampung Wayang Urban yang memiliki singkatan Urang Bandung.

“Kalau untuk wayangnya sendiri tidak ada yang terlalu spesial, sama saja dengan wayang golek pada umumnya. Hanya saja, Kampung Wayang Urban yang berlokasi di RW 8 Jalan Pangarang Kelurahan Cikawao, Kecamatan lengkong ini sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara, khususnya dari Negara Belanda,” paparnya.

Menurut Agus, keberadaan Kampung Wayang Urban ini, bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Bahkan, anak-anak diwilayah tersebut sudah diajarkan untuk mewarnai wayang.

“Kami ingin membenahi infrastruktur dan akses jalan ke Kampung Wayang Urban ini. Sehingga memudahkan wisatawan sampai ke tujuan. Selain itu, kami juga ingin membuat homestay sebagai alternatif hotel,” terangnya.

Namun, untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Termasuk pihak swasta dan yang panting adalah kerjasama dengan SKPD terkait, seperti Dinas Pariwisata, Dinas PU, Dinas Tata Ruang, dan beberapa dinas lainnya.

“Tanpa ada kerjasama dengan semua pihak sulit mewujudkan Lengkong menjadi Kecamatan Pariwisata,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …