Kecamatan Lengkong di Kota Bandung, Siap Jadi Daerah Pariwisata

Kantor Kecamatan Lengkong, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung.

Kantor Kecamatan Lengkong, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Camat Lengkong, TB Agus Mulyadi menjawab tantangan Ridwan Kamil untuk mengubah daerahnya menjadi kecamatan pariwisata. Tantangan itu langsung dijawab dengan serangkaian gagasan dan gerakan.

“Hal pertama yang akan saya lakukan adalah menggelar culinary night dengan tema tertentu. Misalnya, jika kami menggelar tema minang, maka makanan yang akandijual adalah makanan padang, dengan nuansa dan dekorasi Padang di sepanjang jalan,” ucap Agus.

Agus menyebut, sebagai tahap awal pihaknya akan menggandeng EO untuk gelaran culinary night. Rencananya acara akan digelar pada 24 dan 25 November 2018 di Jalan Talaga Bodas atau di Jalan Lodaya.

Langkah selanjutnya, kata Agus, untuk menghidupkan pariwisata di Kecamatan Lengkong pihaknya akan memaksimalkan Kampung Wayang Urban yang memiliki singkatan Urang Bandung.

“Kalau untuk wayangnya sendiri tidak ada yang terlalu spesial, sama saja dengan wayang golek pada umumnya. Hanya saja, Kampung Wayang Urban yang berlokasi di RW 8 Jalan Pangarang Kelurahan Cikawao, Kecamatan lengkong ini sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara, khususnya dari Negara Belanda,” paparnya.

Menurut Agus, keberadaan Kampung Wayang Urban ini, bisa membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Bahkan, anak-anak diwilayah tersebut sudah diajarkan untuk mewarnai wayang.

“Kami ingin membenahi infrastruktur dan akses jalan ke Kampung Wayang Urban ini. Sehingga memudahkan wisatawan sampai ke tujuan. Selain itu, kami juga ingin membuat homestay sebagai alternatif hotel,” terangnya.

Namun, untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Termasuk pihak swasta dan yang panting adalah kerjasama dengan SKPD terkait, seperti Dinas Pariwisata, Dinas PU, Dinas Tata Ruang, dan beberapa dinas lainnya.

“Tanpa ada kerjasama dengan semua pihak sulit mewujudkan Lengkong menjadi Kecamatan Pariwisata,” pungkasnya.

(mur)

loading...

Feeds

PKB Polisikan Ustad Yahya Waloni

Sekjend PKB Abdul Kadir Karding melaporkan Ustad Yahya Waloni ke Bareskrim karena pernyataannya dianggap menghina Megawati Soekarnoputri, Ma’ruf Amin dan …