Ternyata Lubang Tengah Sawah Akibat Kikisan Air

Tim Speleologi dan Caving Sukabumi (Spelcabumi) lakukan investigasi ke lokasi longsoran lubang yang terletak di Sukabumi, Minggu (9/9/2018). Foto:rmoljabar

Tim Speleologi dan Caving Sukabumi (Spelcabumi) lakukan investigasi ke lokasi longsoran lubang yang terletak di Sukabumi, Minggu (9/9/2018). Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI –  Tim Speleologi dan Caving Sukabumi (Spelcabumi) lakukan investigasi ke lokasi longsoran lubang yang terletak di Jalan Cipetir, Kampung Legoknyenang RT 05 RW 02 Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Minggu (9/9/2018). Investigasi dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam Spelcabumi.

Anggota Spelcabumi Aged mengatakan, hasil investigasi awal, sawah tersebut bisa colapse akibat kikisan air. Apalagi atapnya merupakan tanah.

“Atap semuanya tanah. Sehingga terkikis air,” ujarnya kepada RMOLJabar, Minggu (9/9).

Selain itu, terdapat penghambatan  lubang ke luar. Sehingga terjadi turbulensi dari tengah sungai yang mengakibatkan hammer water.

“Maka terjadilah break down. Apalagi kata masyarakat, di sekitar itu ada aliran sungai yang dibuat pada masa penjajahan,” ucapnya.

Sebelumnya Polres Sukabumi Kota menutup lokasi lubang dengan diameter sekitar enam meter tersebut. Pasalnya area tersebut dinilai berbahaya.

“Kami lakukan pengamanan agar tak ada korban jiwa,” ungkap Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro.

Menurutnya, pemberian garis polisi adalah upaya antisipasi, mencegah jatuhnya korban. Pasalnya, tak sedikit warga yang penasaran berdatangan ke lokasi lubang tersebut.

“Berdasarkan citra satelit Badan Geologi, memang tanah yang amblas ini berada di atas aliran air. Di bawah sini ada sungai, sehingga cukup membahayakan. Karena itu, kami beserta pemerintah daerah berupaya untuk menuntaskan segera agar tidak sampai ada korban jiwa,” pungkasnya.

(ald/rmmoljabar/pojokbandung)

loading...

Feeds

walikota bandung

Dirjen Otda Minta Oded Lantik Sekda Terpilih

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–‎Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono membenarkan, pihaknya telah membalas surat dari Wali Kota Bandung terkait …

Sepakat, PKL Libur Sehari Seminggu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana sepakat pedagang kaki lima (PKL)  harus libur sehari dalam satu mingu. “Jadi hari ini …