Kota Bandung Masih Kurang Sarana Olahraga Masyarakat

Lapangan Gasibu,, Salah satu sarana olahraga di di Kota Bandung

Lapangan Gasibu,, Salah satu sarana olahraga di di Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung kekurangan lahan untuk tempat olahraga bagi masyarakat.


“Sebenarnya, idealnya di setiap kelurahan harus ada satu tempat untuk fasilitas olahraga masyarakat,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah.

Sayangnya, di Kota Bandung tidak mudah mencari lahan untuk fasilitas ini. Kecuali jika ada masyarakat yang mau menjual lahan nya untuk dijadikan tempat olahraga.

“Kesulitan kita memang di aset dan di pendanaan APBD,” tambah Dodi.

Sejauh ini, lanjut Dodi baru sekitar 30 persen dari 151 kelurahan di Kota Bandung yang memiliki lahan olahraga. Jenis olahraga yang sejauh ini terfasilitasi diantaranya voli dan futsal.

“Pembuatan arena olahraga bola voli dan futsal memang sudah sesuai dengan keinginan masyarakat yang disampaikan lewat musrembang,” terang Dodi.

Untuk penggunaannya, Dodi mengatakan yang utama harus dipakai untuk olahraga. Selebihnya, bisa dipakai untuk apa saja sesuai kebutuhan masyarakat.

“Yang penting tidak dikomersialkan saja,” tambahnya.

Hingga sekarang, sebenarnya, Pemkot Bandung sendiri sudah mencoba memfasilitasi kegiatan olahraga di masyarakat. Seperti adanya senam lansia setiap hari Kamis, adanya komunitas gowes, kegiatan senam di setiap hari Jumat, dan lain sebagainya.

“Ini untuk membangun kesadaran masyarakat Kota Bandung tentang pentingnya berolahraga,” tambahnya.

Di kalangan masyarakat sendiri, olahraga yang paling banyak digemari adalah olahraga murah. Misalnya seperti joging dan senam.

Dodi mengatakan, keinginannya sekarang untuk membuat kolam renang di lahan milik Pemkot Bandung.

Kolam ini, akan dibuat untuk masyarakat dengan harga tiket masuk yang relatif terjangkau.

“Kalau yang selama ini di tegalega, kan ada kolam renang Tirta Lega, itu dikelola oleh Dinas Pertamanan,” kata Dodi.

Rencananya, pembangunan dilakukan di Kawasan Caringin. Menurut Dodi di sana ada lahan yang sekarang digunakan untuk lapangan tenis, namun tidak digunakan secara maksimal.

“Di sana kan ada enam lapangan tenis, tapi tidak semua dipakai dengan maksimal. Sehingga, akan lebih baik jika digunakan untuk hal lain,” terangnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …