Pemkab Bandung Bakal Terapkan Teknologi Drain Block Atasi Banjir Tahunan

Bupati Bandung Dadang M Naser usai menemui perwakilan salah satu perusahaan asal Belanda di rumah dinasnya, Soreang, Kamis (6/9/2018). Foto:rmoljabar

Bupati Bandung Dadang M Naser usai menemui perwakilan salah satu perusahaan asal Belanda di rumah dinasnya, Soreang, Kamis (6/9/2018). Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bakal menerapkan teknologi drain block untuk menangani banjir tahunan yang melanda wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bandung Dadang M Naser usai menemui perwakilan salah satu perusahaan asal Belanda di rumah dinasnya, Soreang, Kamis (6/9/2018).

Menurut Bupati, teknologi drain block atau sistem untuk menyimpan air bawah tanah skala besar yang lebih ramah lingkungan itu merupakan hibah dari pemerintah Belanda.

“Hibah ini nanti akan dipergunakan untuk menangani banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Bandung saat musim hujan. Bentuknya kolam retensi tertutup,” ucapnya.

Dadang melanjutkan, hibah yang diberikan melalui salah satu perusahaan dari negeri kincir angin itu merupakan follow up dari kunjungan Pemerintah Belanda tahun lalu.

“Tahun lalu juga kami mengirimkan surat ke kantor staf kepresidenan untuk permohonan hibah ini, dan alhamdulillah kunjungan hari ini merupakan follow up itu,” paparnya.

Selain kolam retensi tertutup, kata Dadang, program yang akan dikerjakan bersama pemerintah setempat juga sekaligus dalam memperbaiki sistem drainasenya.

“Nanti air hujan akan ditampung di tanah, tidak lagi terbuang ke aliran-aliran sungai yang bermuara ke laut. Jadi ketika musim kemarau kita tidak kekeringan lagi,” ujarnya.

Sesuai agenda, tambah Dadang, pengerjaan akan dilaksanakan minggu depan dengan menghadirkan konsultan dan mahasisiwi dari Technische Universiteit Delft Belanda.

“Sekarang alat-alatnya sudah tiba di Tanjung Priok. Selain konsultan, empat mahasiswa TU Delft Belanda akan melakukan penelitian proyek ini selama 10 minggu,” tandasnya.

(rmoljabar/pojokbandung)

 

 

loading...

Feeds

rs

Dewan Sorot Kekosongan Pimpinan Enam RS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bakal mengagendakan pertemuan dengan Pemeritah Provinsi Jawa Barat, terutama …
regulasi

Regulasi Rumit Ganggu Harga Pangan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Galuh Octania mengingatkan pemerintah terkait harga pangan. Menurutnya, bahwa regulasi …

Kemendikbud Siapkan Rotasi Guru

Pendekatan zonasi tidak hanya diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pendekatan serupa …