Pemkab Bandung Bakal Terapkan Teknologi Drain Block Atasi Banjir Tahunan

Bupati Bandung Dadang M Naser usai menemui perwakilan salah satu perusahaan asal Belanda di rumah dinasnya, Soreang, Kamis (6/9/2018). Foto:rmoljabar

Bupati Bandung Dadang M Naser usai menemui perwakilan salah satu perusahaan asal Belanda di rumah dinasnya, Soreang, Kamis (6/9/2018). Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bakal menerapkan teknologi drain block untuk menangani banjir tahunan yang melanda wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bandung Dadang M Naser usai menemui perwakilan salah satu perusahaan asal Belanda di rumah dinasnya, Soreang, Kamis (6/9/2018).

Menurut Bupati, teknologi drain block atau sistem untuk menyimpan air bawah tanah skala besar yang lebih ramah lingkungan itu merupakan hibah dari pemerintah Belanda.

“Hibah ini nanti akan dipergunakan untuk menangani banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Bandung saat musim hujan. Bentuknya kolam retensi tertutup,” ucapnya.

Dadang melanjutkan, hibah yang diberikan melalui salah satu perusahaan dari negeri kincir angin itu merupakan follow up dari kunjungan Pemerintah Belanda tahun lalu.

“Tahun lalu juga kami mengirimkan surat ke kantor staf kepresidenan untuk permohonan hibah ini, dan alhamdulillah kunjungan hari ini merupakan follow up itu,” paparnya.

Selain kolam retensi tertutup, kata Dadang, program yang akan dikerjakan bersama pemerintah setempat juga sekaligus dalam memperbaiki sistem drainasenya.

“Nanti air hujan akan ditampung di tanah, tidak lagi terbuang ke aliran-aliran sungai yang bermuara ke laut. Jadi ketika musim kemarau kita tidak kekeringan lagi,” ujarnya.

Sesuai agenda, tambah Dadang, pengerjaan akan dilaksanakan minggu depan dengan menghadirkan konsultan dan mahasisiwi dari Technische Universiteit Delft Belanda.

“Sekarang alat-alatnya sudah tiba di Tanjung Priok. Selain konsultan, empat mahasiswa TU Delft Belanda akan melakukan penelitian proyek ini selama 10 minggu,” tandasnya.

(rmoljabar/pojokbandung)

 

 

loading...

Feeds

Gali Potensi Para Pemuda, ABS Berikan Edukasi Pemilu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam upaya mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tentunya generasi penerus bangsa terutama kalangan pemuda, perlu mendapat …

Rekayasa Jalan Sukajadi Mulai Diujicobakan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah Antapani, giliran Jalan Sukajadi yang mulai uji coba rekayasa selama sepekan kedepan. Kasatlantas Polrestabes Kota Bandung AKBP …

Ketua KPK Ogah Hadiri Debat Capres, Nih Alasannya

POJOKBANDUNG.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak akan menghadiri debat perdana kontestan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Kamis (17/1) malam. …

OYO Naikkan Okupansi Kamar Hotel di Bandung

OYO Hotels, jaringan hotel berbasis teknologi dengan pertumbuhan terdapat di dunia, pada hari ini mengumumkan bahwa layanannya telah resmi beroperasi di Bandung. …