TIngkatkan Literasi Membaca, Pemkot Bandung Bangun 100 Street Library

Ridwan Kamil promosikan Street Library. Foto : instagram

Ridwan Kamil promosikan Street Library. Foto : instagram

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bangun street library di 100 titik di kota kembang. Pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca warga agar lebih tinggi.

“Untuk sementara, kita bangun rak-rak untuk tempat buku di lokasi yang trotoar jalannya ada bangkunya, seperti di Jalan Asia Afrika, Jalan Dago, dan Jalan Riau,” ujar Emil sapaan Ridwan Kamil kepada wartawan, Jumat (31/8/2018).

Emil mengatakan, rak yang dibangun bisa menmapung 100 buah buku. Buku yang disiapkan dari sumbangan warga dan perpustakaan Kota Bandung.

“Jadi untuk warga yang punya buku bisa nge-drop untuk dipinjamkan. Juga, bisa meminjam buku di street library ini,” terang Emil.

Sebelum street library, Kota Bandung memilih mini library dan perpustakaan yang berada di tengah kota, seperti di Jalan Seram yang berdekatan dengan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung.

Dibangunnya street library ini, sebagai upaya mendekatkan buku kepada masyarakat. Karena Emil menyadari, masyarakat semakin jarang membaca buku lantaran teralihkan oleh gadget.

“Masyarakat sekarang kan malas datang ke perpustakaan, yang kebanyakan jauh. Makanya, kita membuat buku yang menghampiri warga,” tegasnya.

Untuk sementara, pembuatan street library ini akan dibangun di Kota Bandung. Tahun depan, Emil merencanakan pembangunan untuk kota lain di Jabar.

“Seminggu sebelum saya dilantik, akan disebar di 100 titik, sekarang sedang diproduksi. Untuk sementara di Kota Bandung dulu, nanti menyusul kota-kota lain di jabar,” tegasnya.

Untuk menjaga agar buku tidak rusak, Emil mengatakan akan melibatkan relawan. Selain itu, rak juga dibuat dengan dilengkapi kaca agar bisa terlihat dari luar dan tidak basah jika hujan turun.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

rsud

Gegara BPJS RSUD Cibabat Jadi Punya Utang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Buntut tunggakan BPJS Kesehatan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat berhujung utang. Saat ini, untuk memenuhi …
dlh

Hanya 60 Perusahaan yang Nurut

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi pelaporan dokumen lingkungan berbasis digital. …
eiffel

HUT RI ke 74, Menara Eiffel Van Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulangtahun Republik Indonesia tiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. …
kcic

Eksekusi Proyek KCIC KBB Ricuh

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Eksekusi lahan untuk proyek KCIC oleh ratusan aparat gabungan dari kepolisian, TNI dan Satpol PP berlangsung ricuh, …
183542_190079_143918_270076_gedung_kpk_baru

Desak Bongkar Dugaan Kartel di Kementan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta membongkar tuntas pengurusan rekomendasi impor produk Holtikura (RIPH) yang telah menjerat anggota …