TIngkatkan Literasi Membaca, Pemkot Bandung Bangun 100 Street Library

Ridwan Kamil promosikan Street Library. Foto : instagram

Ridwan Kamil promosikan Street Library. Foto : instagram

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bangun street library di 100 titik di kota kembang. Pembangunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca warga agar lebih tinggi.

“Untuk sementara, kita bangun rak-rak untuk tempat buku di lokasi yang trotoar jalannya ada bangkunya, seperti di Jalan Asia Afrika, Jalan Dago, dan Jalan Riau,” ujar Emil sapaan Ridwan Kamil kepada wartawan, Jumat (31/8/2018).

Emil mengatakan, rak yang dibangun bisa menmapung 100 buah buku. Buku yang disiapkan dari sumbangan warga dan perpustakaan Kota Bandung.

“Jadi untuk warga yang punya buku bisa nge-drop untuk dipinjamkan. Juga, bisa meminjam buku di street library ini,” terang Emil.

Sebelum street library, Kota Bandung memilih mini library dan perpustakaan yang berada di tengah kota, seperti di Jalan Seram yang berdekatan dengan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung.

Dibangunnya street library ini, sebagai upaya mendekatkan buku kepada masyarakat. Karena Emil menyadari, masyarakat semakin jarang membaca buku lantaran teralihkan oleh gadget.

“Masyarakat sekarang kan malas datang ke perpustakaan, yang kebanyakan jauh. Makanya, kita membuat buku yang menghampiri warga,” tegasnya.

Untuk sementara, pembuatan street library ini akan dibangun di Kota Bandung. Tahun depan, Emil merencanakan pembangunan untuk kota lain di Jabar.

“Seminggu sebelum saya dilantik, akan disebar di 100 titik, sekarang sedang diproduksi. Untuk sementara di Kota Bandung dulu, nanti menyusul kota-kota lain di jabar,” tegasnya.

Untuk menjaga agar buku tidak rusak, Emil mengatakan akan melibatkan relawan. Selain itu, rak juga dibuat dengan dilengkapi kaca agar bisa terlihat dari luar dan tidak basah jika hujan turun.

(mur)

loading...

Feeds

SMPN

Puluhan SMPN Tak Bisa UNBK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Minimnya fasilitas komputer yang dimiliki di setiap SMP Negeri di Subang membuat puluhan sekolah SMPN di Subang …
petugas

Dua Petugas KPPS Meninggal Dunia

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Subang telah menerima laporan adanya pengawas TPS di daerah yang meninggal …
c1

Salinan C1 Harus Dipampang dengan Jelas

POJOKBANDUNG.com, SUBANG –Warga Subang dihebohkan dengan bereredarnya video yang diduga memperlihatkan perbandingan antara suara di website KPU dan form C1 …