Kesadaran Masyarakat Kota Cimahi untuk Buang Sampah Masih Rendah

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kesadaran masyarakat di Kota Cimahi dalam membuang sampah masih rendah. Itu terlihat dari banyaknya tumpukan sampah di sejumlah wilayah. Pemandangan itu bisa dijumpai di Jalan Mahar Martanegara, nampakĀ  berjejer gundukan sampah yang ditumpuk menggunakan karung. Bahkan, tak hanya dipinggir jalan saja, hingga saat ini masih saja ada masyarakat yang membuang sampah secara langsung ke aliran sungai.


Akan tetapi, dalam menyikapi hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi merasa dilematis. Terlebih, hingga sejauh ini pemerintah masih memiliki kendala dalam penyediaan tempat pembuangan sampah dan armada pengangkut sampah.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Djani Ahmad Nurjani, pihaknya juga tak ingin disalahkan dengan adanya maraknya perilaku pembuangan sampah sembarang.

“Perilaku membuang sampah sembarangan ini sebetulnya bukan kesalahan kami, karena masyarakat yang tidak sadar bagaimana cara menjaga lingkungan,” kata Djani saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Jumat (31/8/2018).

Kalaupun masyarakat mengaku tak punya fasilitas berupa TPS di lingkungannya, Djani menuturkan pihaknya siap membangun TPS yang dibutuhkan masyarakat.

“Tiap tahun disediakan anggaran penyediaan TPS, namun sulit mendapat lahan karena masyarakat kerap menolak keberadaan TPS di lingkungannya.

Lantaran belum memungkinkan membuat TPS dengan berbagai macam kendala, Djani menyebutkan jika DLH juga menyediakan dump truck sebagai tempat membuang sampah yang nantinya akan diangkut bila sudah penuh.

“Kita sediakan juga kontainer untuk menampung sampah dari masyarakat. Jadi seharusnya tidak ada alasan lagi masyarakat masih membuang sampah sembarangan,” bebernya.

Menurut Djani, pihaknya terus menerus berkoordinasi dengan kelurahan dan RT/RW untuk mendirikan TPS di tengah kesulitan dan keterbatasan lahan.

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …