Jack Ma Hadiri Penutupan Asian Games, Berapa Jumlah Kekayaannya?

Pendiri Alibaba, Jack Ma. Foto:viva

Pendiri Alibaba, Jack Ma. Foto:viva

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Pendiri Alibaba, Jack Ma berkunjung ke Indonesia untuk menonton pertandingan sekaligus menghadiri penutupan Asian Games 2018.


Kedatangan Jack Ma ke Indonesia ini cukup menarik perhatian banyak orang.

Jack Ma sendiri merupakan sosok yang inspiratif bagi banyak orang. Dia merupakan pengusaha asal China yang berhasil mengembangkan bisnisnya Alibaba hingga berskala internasional. Dia pun sempat didapuk sebagai orang paling kaya di kampung halamannya, juga di dunia.

Seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (1/9/2018), pengusaha yang dulunya hanyalah seorang guru miskin itu kini memiliki harta kekayaan US$ 38,2 miliar atau setara dengan Rp 565,36 triliun. Nilai kekayaan itu merupakan catatan per 31 Agustus 2018.

Dengan catatan harta kekayaannya itu, menempati posisi orang terkaya urutan 20 di dunia dan nomor 3 di negaranya, China. Selain itu, Jack Ma yang berusia 53 tahun itu juga didapuk menjadi orang paling berpengaruh ke-21 di dunia versi Forbes.

Sebelum kaya raya seperti sekarang, Jack Ma diketahui merupakan mantan guru bahasa Inggris. Ia mendapatkan harta kekayaannya seperti sekarang ini tak lain berkat Alibaba yang didirikannya sekitar 15 tahun lalu. Saat itu, ia mendirikan Alibaba dengan modal US$ 60.000 yang merupakan hasil pinjaman.

Idenya menolong para pengusaha kecil memasarkan produknya ternyata merupakan ide yang sangat cemerlang. Dari tahun ke tahun size dan value perusahaannya terus meningkat.

Sampai akhirnya Jack Ma memutuskan untuk membawa Alibaba melantai di pasar modal. Saat itu nilai perusahaannya mencapai US$ 25 miliar. Saat ini, perusahaan e-commerce tersebut baru saja memiliki kapitalisasi pasar US$ 500 miliar atau setara dengan Rp 6.655 triliun.

Raihan tersebut membuat perusahaan yang dipimpin oleh Jack Ma ini bergabung dengan perusahaan yang sudah ada di klub Rp 6.655 triliun, yakni seperti Tencent, Apple, Alphabet (induk dari Google), Microsoft, Amazon, dan Facebook.

Melalui perusahaan Alibaba, Jack Ma bahkan melakukan investasi senilai US$ 1,1 miliar ke Tokopedia, salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia. Hal itu pun menjadikan Alibaba Group sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Investasi yang dilakukan itu pun untuk memperkuat ekspansinya di kawasan Asia Tenggara. Kini, Alibaba telah menjadi salah satu bisnis e-commerce terbesar di dunia.

(detikcom/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …