Tahun Ini Pemkab Bandung Kelola Dana bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Rp11,2 Miliar

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira. Foto:rmoljabar

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira. Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung pada tahun 2018 ini akan mengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sekitar Rp11,22 miliar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira menuturkan anggaran itu akan digunakan untuk implementasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) diwilayahnya.

“DBHCHT (sekitar Rp11, 22 miliar) ini akan digunakan dalam rangka penetapan KTR, pengadaan tempat khusus untuk merokok, serta menyediakan fasilitas perawatan bagi penderita dari dampak asap rokok,” katanya.

Sofian menjelaskan, jika cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan untuk barang yang mempunyai karakteristik sesuai undang-undang (uu) nomor 39 tahun 2007.

“Di UU tersebut barang kena cukai yaitu, dimana konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Sofian, di Kabupaten Bandung sendiri daya beli masyarakat terhadap produk rokok cukup tinggi. Oleh karenanya peredaran produk hasil tembakau itu harus diawasi pemerintah setempat.

“Penerapan cukai dan pajak rokok menjadi salah satu upaya untuk mengendalikan dan mengawasi peredaran rokok termasuk yang kini dilakukan Pemkab Bandung,” jelasnya.

Sekda menilai, cukai tembakau dan pajak rokok merupakan salah satu penyumbang terbesar pendapatan negara. Oleh karena itu, Pemkab harus mengelola DBHCHT dengan betul untuk kesejahteraan masyarakat.

(rmoljabar/pojokbandung)

loading...

Feeds

Tips Wisata Kuliner di Bandung

Wisata kuliner bandung memang banyak menjadi tujuan utama para pendatang di kota Bandung. Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai sajian …