Mulai Oktober, Industri Vape Mulai Dikenakan Bea Cukai

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandung menggelar sosialisasi ketentuan baru di bidang cukai kepada pengusaha yang bergerak di bidang vape. Foto:rmoljabar

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandung menggelar sosialisasi ketentuan baru di bidang cukai kepada pengusaha yang bergerak di bidang vape. Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Mulai bulan Oktober 2018, industri Vape yang kini mulai marak digunakan menjadi gaya hidup akan dikenakan bea cukai.


Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandung menggelar sosialisasi ketentuan baru di bidang cukai kepada pengusaha yang bergerak di bidang vape (rokok elektrik) di Kawasan Industri, Cibaligo, Kota Cimahi.

Sosialisasi yang digelar di perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi liquid vape, PT YNOT Kreasi Indonesia ini, dihadiri oleh Kasubdit Tarif Cukai dan Harga Dasar Dirjen Bea Cukai RI, Sunaryo, Kadiskopindagtan Cimahi, Adet Chandra Purnama, serta pelaku dan komunitas industri vape se-Bandung Raya.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandung Onny Yuar Hanantyoko mengatakan, industri vape saat ini di Indonesia terus berkembang. Secara regulasi vape ini masuk kepada kategori hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL) sehingga perlu dilakukan sosialisasi ketentuan baru di bidang pengenaan cukai vape.

“Secara legal formal atau the jure liquid vape ini masuk menjadi objek cukai karena ada kandungan tembakaunya. Sehingga berdasarkan aturan dalam UU maka ada bea cukainya,” kata Onny, Kamis (30/8).

Menurutnya, regulasi soal vape ini sudah dibuat awal Januari 2018 namun baru diterapkan mulai 1 Juli 2018 secara legal jadi objek cukai. Namun pihaknya memberikan toleransi bagi industri yang mengimpor vape  sebelum 1 Juli 2018 maka tidak akan dikenakan cukai hingga 1 Oktober 2018.

Namun ketika barangnya diimpor setelah batas waktu itu maka akan dikenakan cukai oleh pemerintah. Regulasi itu yang harus diketahui para pelaku industri di bidang vape agar paham aturan.

Onny menilai, industri vape adalah peluang bisnis yang besar karena baik market, produk, hingga diatributornya sudah ada. Di wilayah Bandung ada dua produsen vape yang sudah dapat nomer induk berusaha salah satunya PT YNOT Kreasi Indonesia.

“Perhitungan kami dari dua produsen yang resmi saja, pendapatan cukai dari vape ini hingga akhir tahun potensinya bisa mencapai Rp9 miliar,” sebutnya.

Kadiskopindagtan Cimahi, Adet Chandra Purnama menilai, industri baru ini diyakini bisa jauh lebih berkembang lagi ke depan. Imbasnya dapat menarik tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi.

“Bayangkan di Indonesia terdapat vape store sebanyak 4.000 retail. Karena produsennya ada di Cimahi maka vape store retail di sini juga jelas akan berkembang dan itu sangat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran,” kata dia.

Sementara CEO PT YNOT Kreasi Indonesia, Diki Herdianto menyebutkan, saat ini pihaknya mampu memproduksi 250.000 liquid vape ukuran 60 mililiter dalam sebulan. Produknya itu merupakan pesanan dari 12 brand dengan total 32 rasa. Pemasarannya seperti Bandung, Jakarta, Malaysia, hingga Dubai.

“Adanya cukai dari pemerintah menandakan industri ini diakui. Kepada produsen atau pelaku usaha pun jadi tenang berjualan karena aturannya jelas,” tandasnya.

(rmoljabar/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …