Lelang Pakaian Olahraga Sekretariat Daerah Jawa Barat Diduga Diseting

PERTANYAKAN LELANG: Persekongkolan diduga terjadi dalam spesifikasi teknis pengadaan pakaian olahraga di Sekda Jabar yang dilelangkan Pokja ULP VII

PERTANYAKAN LELANG: Persekongkolan diduga terjadi dalam spesifikasi teknis pengadaan pakaian olahraga di Sekda Jabar yang dilelangkan Pokja ULP VII

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Spesifikasi teknis pengadaan pakaian olahraga di Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) dipertanyakan. Pengadaan tahun anggaran 2018 yang dilelangkan melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) Jabar ini diusulkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sekda Jabar mengarah pada satu artikel training Polo Shirt dan sepatu merek Reebok.


Surat tembusan CV WU yang ditandatangani Sri Haryati selaku Direktur, membeberkan pelelangan tersebut sudah terjadi monopoli, persekongkolan, konspirasi yang tidak sehat dan cacat hukum.

“Pelelangan sudah keluar dari peraturan Undang-Undang. Bahkan, pemenang lelang ikut dalam persekongkolan dan monopoli. Proses lelang awal sudah jelas mengacu pada satu merek, karena telah tertuang dalam spesifikasi teknis dengan adanya nomor article sudah jelas barang yang dibutuhkan bermerek Reebok,” tegas Sri dalam suratnya.

Panitia pelelangan olahraga ini dituding telah melanggar proses yang telah ditetapkan pada dokumen pelelangan pengadaan pakaian olahraga. Padahal, dalam Bab III IKP dokumen pelelangan pakaian olahraga tertuang pada poin 4.1 peserta dan pihak yang terkait dengan pengadaan berkewajiban mematuhi etika pengadaan dengan tidak melakukan tindakan mempengaruhi anggota Pokja ULP dalam bentuk dan cara apapun untuk memenuhi keinginan peserta yang bertentangan dengan dokumen pengadaan, dan/atau peraturan perundang-undangan.

Poin selanjutnya menyebutkan tidak melakukan persekongkolan dengan peserta lain untuk mengatur hasil pelelangan sehingga mengurangi, menghambat, memperkecil, atau meniadakan persaingan yang sehat dan merugikan pihak lain.

Bahkan, kata Sri, dalam proses pelelangan awal pada saat anwizjing pihaknya dan peserta lain sudah menyarankan diinformasikan pada distributor selaku agen dan barang yang diperlukan dalam pelelangan ini untuk memberikan surat dukungan untuk memasukkan surat penawaran bersaing dalam harga dan diskon.

“Tapi disesalkan surat dukungan yang kami minta sudah terkunci dengan alasan sudah ada yang menyetingnya dengan kuantitas barang masing-masing 800 pcs per item. Kami sudah survei di outlet Reebok seluruh Indonesia, bahkan keluar negeri bahwa item sebanyak itu ajaib apabila dengan jangka waktu 60 hari kalender dan dengan article yang sudah diberikan pada dokumen pelelangan adalah stok yang sudah terkondisikan,” beber Sri.

Sementara itu, Pokja ULP VII, Taufik Hidayat mengungkapkan, secara prosedural CV WU tidak benar. Menurut Taufik, seharusnya saat masih dalam proses pelelangan ada Pokja, PA, KPA, dan PPK, tembusan juga dalam surat kepada media masa itu secara prosedural sudah tidak benar, kecuali diluar proses pelelangan.

“Yang bisa disampaikan pada saat pelelangan kepada seperti Pokja, PA, KPA, PPK, APIP. Kedua terkait spek, ketentuan di Perpres 16/2018 metode lelang sederhana tidak dperkenankan atau dilarang mengarah kepada spek tertentu, artinya saat menyusun spek harus secara umum,” terang Taufik.

Awalnya, lanjut dia, spek memang sudah ditentukan dan mengarah pada merek tertentu. Menurutnya, ini dibenarkan saat yang dipakai adalah metode lelang cepat, sementara lelang cepat sudah dihentikan LKPP, karena tidak didukung aplikasi yang lengkap.

“Akhirnya dipilihlah lelang sederhana.Waktu anwizjing ada masukan dari peserta, dan langsung saya sampaikan kepada PPK. Hingga akhirnya ke sub kualitas dan tidak mengarah pada merek tertentu. Dan itu sudah dilakukan addendum dalam dokumen pengadaan mengarah pada spek umum,” terang Taufik.

(man/mun)

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …