Warga Patimban Kabupaten Subang Dapat Pelatihan Kewirausahaan

PELATIHAN: 
Warga terdampak pembangunan Pelabuhan Patimban sedang mengikuti pelatihan penanaman hidroponik dilahan terbatas. ( Foto : ANWAR/ RADAR BANDUNG)

PELATIHAN: Warga terdampak pembangunan Pelabuhan Patimban sedang mengikuti pelatihan penanaman hidroponik dilahan terbatas. ( Foto : ANWAR/ RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga terkena dampak proyek Pembangunan Pelabuhan International Patimban, medapat pelatihan kewirausahaan. Pelatihan diberikan pihak pengembang pelabuhan, Selasa (28/8/2018).


Program pelatihan untuk warga desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang ini, digagas oleh Japan Internasional Corporation Agency (JICA). Tujuannya agar warga Patimban bisa memperbaiki standar kehidupannya setelah lahan dan mata pencahariannya digunakan,pembangunan Pelabuhan.

Tiga program pelatihan yang diberikan JICA kepada warga terdampak, yakni program pelatihan Pertanian, peternakan dan perikanan,.sesuaikan dengan mata pencaharian warag sebelumnya .

“Saat ini program pelatihan yang sedang dijalankan diantaranya bidang pertanian dengan cara hidroponik.Salah satu pilot project yang dipilih dari pertanian adalah Urban Farming,” kata Pendamping Program Urban Farming Dinas Pertanian Kabupten Subang, Dessy.

Dedsy meenatakan, bahwa pelatihan itu tidak hanya urban farming tapi pelatihan tersebut kedepannya dilakukan pada pengolahan hasil pertanian.

“Artinya, melalui pelatiahn ini warga terdampak akan mendapat peluang pendapatan yang lebih dan tingkat produksi setelah ada proyek ini, salah satunya dari pertanian yakni pelatihan urban farming,”kata Dessy

Adapun pelatihan urban farming yang diberikan pada warga Patimban, tambah Dessy, diantaranya ilmu mengenai cara budidaya sayuran berkaulitas dengan menggunakan teknik hidroponik dilahan terbatas.

“Mereka kita beri pengetahuanya juga termasuk praktik pembuatanya secara langsung,sampai beberapa hari kedepan hingga warga betul betul paham,” jelas Dessy.

Dessy optimis, program tersebut (urban farming) akan berguna dalam usaha mencari pendapatan alternatif sekaligus upaya untuk memulihkan mata pencaharian bagi warga terdampak.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …