Pembangunan SDN Baros Mandiri 3, Rp 5,6 Miliar Hanya Jadi Kerangka

Wakil Walikota Cimahi memantau kondisi pembangunan SDN Baros Mandiri. ( Foto : WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

Wakil Walikota Cimahi memantau kondisi pembangunan SDN Baros Mandiri. ( Foto : WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sudah empat tahun lamanya pembangunan SD Negeri Baros Mandiri 3 tak kunjung rampung. Bahkan, bangunan sekolah yang terletak di Jalan H. Haris, Kelurahan Baros itu, belum menunjukkan adanya tanda pembangunan.


Kondisi bangunan dengan rangka baja tersebut, kini semakin tak terawat. Tiang kontruksi yang sudah terpasang sejak tahun 2015 dibiarkan berkarat lantaran tidak ada pemeliharaan. Area bangunan yang berada di tengah-tengah permukiman warga itu kini ditumbuhi ilalang yang lebat. Dengan kondisi seperti itu, warga memanfaatkan lahan untuk parkir kendaraan roda empat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, mengakui sejak dirintis empat tahun silam, pihaknya tidak melakukan pemeliharaan pada konstruksi bangunan.

“Pemeliharaan tidak ada marena di sana baru berupa struktur rangka bangunan saja. Mau dipelihara juga apa yang mau dipelihara,” ungkap Dikdik saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi, Senin (27/8/2018).

Beberapa waktu sebelumnya, Dikdik mengungkapkan bahwa pihaknya masih berharap ada bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melanjutkan pembangunan.

“Kita bertekad bahwa sisi anggaran bisa dipenuhi provinsi. Kita akan bersurat lagi agar pembangunan bisa dilaksanakan secepatnya,” katanya.

Dikdik membeberkan, rencana terdekat pihaknya baru akan menanggarkan pembangunan lanjutan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2019.

Namun, ia belum bisa menyebutkan alokasi anggaran yang disediakan karena masih dalam pembahasan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan DPRD Kota Cimahi.

“SD Baros Insya Allah akan dilaksanakan lanjutan pembangunannya tahun depan. Kita sudah mengalokasikan sejumlah anggaran dan saya kira itu masih harus dibahas dengan TAPD maupun legislatif,” jelasnya.

Meski belum bisa menyebutkan anggaran yang akan dialokasikan tahun depan, lanjut Dikdik, pihaknya memprediksi untuk melanjutkan pembangunan sekolah tersebut hingga benar-benar tuntas sedikitnya membutuhkan anggaran Rp 13-15 miliar.

Untuk mengejar dana belasan miliar tersebut, selain dari APBD Kota Cimahi tahun 2018, pihaknya juga masih berharap bantuan pendanaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kita masih komitmen bahwa untuk menuntaskan (SDN) Baros Mandiri 3 ini kita masih berharap provinsi bisa memenuhi permohonan dari kita,” tandasnya.

(cr1)

 

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …