Destinasi Wisata Cimahi Masih Minim, Kampung Adat Cireundeu Perlu Lebih Dikembangkan

Kampung adar Cireundeu, Cimahi. (ist)

Kampung adar Cireundeu, Cimahi. (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Potensi dalam mengembangkan destinasi wisata di Kota Cimahi sangat minim. Sejauh ini, gembar gembor dalam mewujudkan tempat wisata di kota yang hanya memiliki luas wilayah 42 kilometer persegi itu cukup gencar. Namun, hal itu nampaknya belum bisa dinikmati oleh masyarakat. Meskipun sejumlah kegiatan seremoni kerap dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Cimahi.


Adapun sejumlah tempat yang dinilai layak untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata yaitu, Kampung Adat Cireundeu dan wisata militer. Dari kedua potensi wisata tersebut, yang santer disebutkan adalah Kampung Adat Cireundeu yang berlokasi di Kecamatan Cimahi Selatan. Salah satu kampung yang terkenal akan kekhasan budaya masyarakatnya, yang hanya mengonsumsi singkong, hasil bercocok tanam di lahan sekitar kampung adat.

Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, menjanjikan peningkatan pembinaan kawasan Kampung Adat Cireundeu. Sejumlah infrastruktur bakal disediakan untuk menunjang peningkatan kunjungan masyarakat ke kampung adat tersebut.

Saat ini belum ada penginapan khusus yang disediakan pemerintah di Kampung Adat Cureundeu, sebagai tempat beristirahat dan bermalam para wisatawan. Wisatawan yang datang ke Cireundeu hingga kini dijamu langsung oleh warga adat di kediamannya masing-masing.

“Mendukung Cireundeu sebagai kampung adat, kami akan laksanakan yang jadi keinginan ketua adat. Kita bantu promosikan keberadaan Cireundeu ke dunia luar, untuk apa yang jadi kebutuhan Kampung adat bakal dibantu,” ujarnya saat ditemui di Kampung Adat Cireundeu.

Soal keberadaan penginapan bagi wisatawan, lanjut Ajay, pihaknya berencana akan membuat zona khusus. “Tempatnya mungkin bisa dibikin sederet dengan bentuk bangunan khas Sunda. Kalau sekarang masih di rumah penduduk,” terangnya.

Akan tetapi, hingga sejauh ini Pemkot Cimahi belum sanggup menentukan kapan semuanya akan direalisasikan. Bahkan, tidak pula memiliki target berapa tahun akan selesai.

“Tapi kita berusaha semakin meningkatkan promosi Cireundeu ke masyarakat luar. Sudah minta dinas terkait agar kegiatan ini menjadi agenda rutin dengan ada karnaval, pagelaran seni tradisi, dan segala macam,” Tuturnya.

Kendati demikian, meski Kampung Adat ini akan diupayakan menjadi salah satu destinasi wisata di Cimahi, namun perlu adanya evaluasi berkala dari setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan, untuk melihat apakah ada perkembangan signifikan pada peningkatan wisatawan.

“Walaupun sering digelar nya acara di Cireundeu, namun apakah sekarang pengunjung ke Kampung Adat Cireundeu meningkat? Jadi, perlu ada evaluasi menyeluruh,” kata Arlan.

Selain itu, arlan juga menyinggung soal kosongnya jabatan kepala dinas definitif daru Disbudparpora, yang tentunya sedikit menghambat segala pengambilan kebijakan terkait konsep dan rencana dinas tersebut pada pengembangan sektor wisata dan budaya khususnya.

“Saya kira kekosongan ini harus segera diisi. Sayang kalau saat ini dinas terus dimpimpin Plt, kebijakannya setengah-setengah. Dia tidak punya konsep pasti yang bisa dikembangkan,” pungkasnya.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Dinas Lingkungan Hidup Usulkan Perda TPU

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Pemerintah Kabupaten Subang, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Tempat Pemakaman Umum (TPU) …

Pemkab Belum Ada Rencana Perbaikan

POJOKBANDUNG.com, BEKASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, belum ada rencana untuk memperbaiki bangunan sekolah rusak yang terdampak banjir. Kepala Dinas …

Jembatan Cisokan Tak Kunjung Diperbaiki

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR – Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Cibanggala dengan pusat pemerintahan Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur ambruk diterjang air Sungai …

Kades Merem Melek, Takut Jarum Suntik

POJOKBANDUNG.com, TANJUNGSARI  – Lantaran belum pernah merasakan disuntik sejak 58 tahun. Kepala Desa Kutamandiri Caca Suryana menutup wajahnya dengan menggunakan …

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.