Tangani Kemarau, Pemkab Bandung Perbanyak Bangun Sumur Pantek

Lahan pesawahan di Kab Bandung dilanda kemarau. Foto:rmoljabar

Lahan pesawahan di Kab Bandung dilanda kemarau. Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan memperbanyak pembangunan sumur pantek dibeberapa titik untuk menangani ketersediaan air yang kini terus menyusut dampak musim kemarau.


Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung Ina Dewi Kania mengatakan kehadiran sumur pantek atau sumur bor itu menjadi cara agar kebutuhan air bagi masyarakat terpenuhi.

“Kami dari Pemkab membuat sumur pantek didaerah yang paling sulit air, menerapkan pola gilir giring dalam pengaturan airnya, serta menyegerakan panen terutama yang sudah waktunya,” tutur dia, Sabtu (25/8).

Ina menambahkan, agar dampak kemarau ini tidak memberikan kerugian untuk petani pemerintah juga mulai melaksanakan tanam serempak di daerah-daerah yang saat ini masih tersedia air untuk areal pertanian.

“Kami himbau petani tidak memaksakan tanam padi apalagi bila ketersediaan air yang tidak mencukupi. Para petani kami sarankan menanam palawija dan sayuran yang relatif sedikit memerlukan air,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Ina, mengingat kemarau masih berlangsung beberapa bulan kedepan pihaknya kini lebih intensif melaksanakan pemantauan. Petugas yang telah disebar ke lapangan terus melaporkan perkembangan.

“Tugas tim itu menginventarisir sumber-sumber air yang ada di sekitar lahan yang terkena dampak kekeringan dan melakukan upaya penyedotan dengan pompa yang ada di petani atau dari pemerintah,” tandas dia.

(bon/rmoljabar/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds