Dihadapan Menperin dan Menhub, Pj Gubernur Beberkan PSN di Jabar

Dialog Nasional Indonesia Maju dengan tema

Dialog Nasional Indonesia Maju dengan tema "Pertumbuhan Industri Transportasi", di Puri Begawan Kota Bogor, Sabtu (25/8).Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M Iriawan beberkan Rencana Pembangunan Strategis Nasional (PSN) dalam bidang infrastruktur transportasi yang sedang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.


Hal tersebut, dikatakan M Iriawan dalam kegiatan Dialog Nasional Indonesia Maju dengan tema “Pertumbuhan Industri Transportasi”, di Puri Begawan Kota Bogor, Sabtu (25/8).

Dialog ini juga dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Wali Kota Bogor Bima Arya, para pelajar SMA, dan para penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Yang pertama, Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang sudah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, dan sudah menerima penerbangan untuk beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, BIJB pun sudah melayani mudik lebaran 2018. Akan tetapi, untuk pemberangkatan Haji yang sebelumnya juga akan dilakukan di BIJB dimundurkan untuk pemberangkatan haji di tahun 2019.

Kedua, Pembangunan Revitalisasi Bandar Udara Lanud Wiradinata di Tasikmalaya. Untuk proses pembangunan sendiri, yakni perpanjangan runway sepanjang 200 meter dengan nilai Rp 30 milyar ditargetkan akan selesai pada Oktober 2018.

“Tahun 2019 panjang runway akan ditambah lagi sepanjang 300 meter agar landasan bisa didarati pesawat jenis jet. Sehingga dapat menambah rute penerbangan, yang saat ini baru melayani rute Tasik-Halim Perdana Kusumah Jakarta, akan bertambah ke Bandung-Jogja-Kertajati, bahkan penerbangan luar negeri,” kata Iriawan.

Ketiga, Bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran, yang saat ini kondisi eksisting landasan baru mencapai 1600 meter. Dan ditargetkan pada 2019 penuntasan panjang landasan bisa mencapai 2700 meter.

“Sehingga pesawat sekelas Boeing 737-200 bisa take off dan landing di Nusawiru Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Keempat, Bandara Cikembar di Kabupaten Sukabumi. Dirinya pun memastikan agar anggaran pembebasan lahan untuk bandara tersebut dapat disediakan dalam APBD perubahan tahun 2018.

Kelima, untuk transportasi darat yakni jalan tol. Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang membangun jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Dan seksi I sudah mulai bisa dioperasikan pada bulan September 2018 mendatang.

“Mengingat main road tol sepanjang 15,3 km telah selesai dibangun, pengadaan tanah dan kontruksi seksi II, III, IV akan dimulai tahun 2019,” katanya.

Keenam, pembangunan twin tunnel (terowongan kembar) untuk jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang berada di Desa Rancakalong Kabupaten Sumedang.

“Perkembangan saat ini terowongan sebelah kiri telah mencapai 380 meter. Ditargetkan tembus Agustus 2018. Sementara terowongan sisi kanan sudah mencapai 290 meter. Ditargetkan akan tembus pada desember 2018,” jelasnya.

Ketujuh, rencana pembangunan tol dalam kota, yaitu di Kota Bandung untuk meminimalisir kemacetan yang kerap terjadi di Kota Kembang ini.

“Kita sedang usulkan untuk pembangunan tol dalam kota ini ke Pemerintah Pusat. Karena untuk anggaran sendiri tidak akan cukup apabila memakai dana APBD,” imbuhnya.

Kedelapan, yaitu rencana pembangunan jalan tol dari mulai Gedebage-Majalaya-Garut-Tasikmalya-Ciamis-Banjar-Cilacap. Agar perpindahan barang dan orang bisa terjadi dengan sangat cepat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah sangat membantu dalam pembangunan infrastruktur strategis ini,” kata Iriawan kepada kedua Menteri Kabinet Kerja.

Kesembilan, yakni pembangunan Pelabuhan Patimban, yang nantinya akan memiliki terminal kendaraan dengan dermaga sepanjang 300 meter serta terminal peti kemas 420 kali 35 meter.

“Pelabuhan Patimban itu sendiri masuk ke dalam proyek strategis nasional yang berada di Provinsi Jabar,” pungkasnya.

(ald/rmoljabar/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …