Kedatangan Menpar di Orchid Forest Lembang, Disambut Demo Forbat

Aksi unjuk rasa Forum Peduli Bandung Utara (Forbat). Foto:rmoljabar

Aksi unjuk rasa Forum Peduli Bandung Utara (Forbat). Foto:rmoljabar

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Kedatangan Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya di Orchid Forest Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jumat (24/8), disambut aksi unjuk rasa Forum Peduli Bandung Utara (Forbat).


Mereka menuntut, dihentikannya kerjasama pemerintah dengan swasta yang mendirikan obyek wisata diatas hutan lindung.

Kedatangan Menpar ini, sebagai bagian penandatanganan kerjasama antara Perhutani dan Orchid Forest sekaligus soft opening obyek wisata baru diatas hutan lindung pinus Cikole.

Ketua Forbat, Suherman mengatakan, kerjasama yang dilakukan Perhutani dengan menjadikan hutan lindung sebagai obyek wisata dinilai sebagai perusakan resapan air di Bandung Utara.

“Rusaknya bagian bawah batant pohon dampak dari alur pelukaan batang pohon oleh kegiatan penyadapan getah pinus melebihi batas yang disarankan dalam aturan teknis,” ujarnya.

Dia menilai, penggunaan hutan lindung sebagai obyek wisata akan berdampak pada berkurangnya fungsi tangkapan dan resapan air.

Penataan dan pemadatan tanah imbas dari kegiatan wisata didalam kawasan lindung tanpa ada upaya reboisasi.

“Bahkan sebagian besar disinyalir tidak dilengkapi dengan kajian lingkungan berupa amdal serta dokumen perizinan,” katanya.

Dengan kondisi hutan yang semakin kritis dan memprihatinkan, lanjut dia, pihak pengelola disinyalir tidak ada upaya regenarasi tegakkan melalui kegiatan reboisasi dan rehabilitasi hutan.

“Terlebih di kawasan bandung utara terdapat patahan lembang,” paparnya

Mereka menuntut, agar pihak perhutani dan pemerintah segera melakukan optimalisasi upaya pelestarian kawasan agar tetap terjaga sesuai dengan fungsi sangat vital.

“Bukan hanya menjadikan undang-undang sebagai seremonial dan konitmen diatas meja dalam ruang jamuan makan siang dan selesai,” tegasnya.

(yud/rmoljabar/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …