Sisihkan Uang Jajan, Pelajar SD Darul Hikam Kurbankan Dua Sapi dan 14 Kambing

Para pelajar SD Darul Hikam Integrated School (DHIS) belajar memilah daging kurban.Foto Ipan Sopian/Radar Bandung/Pojokbandung

Para pelajar SD Darul Hikam Integrated School (DHIS) belajar memilah daging kurban.Foto Ipan Sopian/Radar Bandung/Pojokbandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perayaan hari raya Iduladha atau idul Qurban bukan sekedar ritual semata, banyak makna yang terkandung di dalam perayaan tersebut, salah satunya kita diajarkan untuk berbagi kepada sesama.


Untuk membiasakan diri dalam berbagi kepada sesama, seluruh siswa dan siswi SD Darul Hikam Integrated School (DHIS) Primary setiap siswanya di perintahkan untuk menyisikan uang sakunya untuk membeli hewan kurban.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan DHIS Primary, Anita Rahayu menjelaskan, pada gelaran Iduladha kali ini, pihaknya berkurban dua ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut, di beli melalui infak yang dikumpulkan oleh para siswa mulai kelas satu hingga enam sejak awal Bulan Agustus. Hasil infak tersebut ditergetkan mampu untuk membeli 14 ekor kambing kurban untuk 12 kelas.

“Anak-anak di tiap kelas menyisihkan uang jajan mereka sendiri sejak tiga minggu lalu, dan di kumpulkan dalam kotak infak sekolah untuk membeli seekor kambing. Melalui kegiatan ini memang kami ingin mengajarkan dan memotivasi mereka untuk mau serta mampu berkurban sesuai dengan kemampuan mereka,” ujarnya ditemui di DHIS Primary, Jalan Brigjen Katamso Nomor 7, Bandung, Kamis (23/8/2018).

Anita mengatakan, selain melihat proses penyembelihan dan merasakan mengiris daging hewan kurban, para siswa kelas empat hingga enam pun diedukasi mengenal bagian-bagian tubuh dari hewan yang mereka iris oleh seorang guru mata pelajaran sains, yang kemudian dijelaskan kembali secara narasi dalam bentuk tulisan lembar kerja siswa.

“Jadi meskipun disini kita menggelar ibadah kurban, tapi kita tetap menyisipkan materi pembelajaran di sela aktivitas mereka,” ucapnya.

Loading...

loading...

Feeds