Merekat Erat Bersama Yello Hotel Paskal

Seni unik berbentuk stiker kini mulai diseriusi para seniman di Kota Bandung, Yello Hotel Paskal menjadi salah satu yang membantu pengaplikasikannya.Foto:Nida Khairiyyah/Radar Bandung/Pojokbandung

Seni unik berbentuk stiker kini mulai diseriusi para seniman di Kota Bandung, Yello Hotel Paskal menjadi salah satu yang membantu pengaplikasikannya.Foto:Nida Khairiyyah/Radar Bandung/Pojokbandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menjadi salah satu kota dengan perkembangan seninya, kini pengakomodiran seni jalanan di Kota Bandung sudah dilirik Yello Hotel Paskal.


Seringkali seni jalanan dipandang sebelah mata ditengah perkembangan masyarakat urban, sehingga pelaku budaya visual memanfaatkan medium stiker sebagai pengaplikasikan seni.

Rencananya, pameran akan berlangsung mulai 24-26 Agustus di lobby Yello Hotel. Ratusan desain dari putuhan seniman terpajang indah ditembok-tembok lobby.

“Kami menghadirkan Bandung Exhibition Stiker berharap menjadi awal Yellow Hotel Paskal sebagai tempat berkumpulnya para seniman jalanan,” ujar Operation Manager Yello Hotel Paskal, Aji didampingi kurator sekaligus seniman, Mas Putu kepada wartawan di lokasi, Jumat (24/8/2018).

Pameran ini, lanjut Aji, mampu diperjual belikan kepada pengunjung dengan menghubungi secara langsung kurator. Kedepannya, tak hanya pecinta seni stiker, komunitas yang berhubungan dengan jalanan akan dicoba untuk diwadahi.

“Kita karena baru empat bulan berjalan, jadi ingin banyak yang dicoba. Mungkin, setelah ini kami akan memamerkan karya seni mural atau sebagainya asalkan sesuai konsep dengan kami,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Putu menyebut, stiker adalah salah satu seni yang anggap remeh. Namun saat semuanya ditata (dikumpulkan) mampu mengganggu pemandangan.

Mahasiswa Institute Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, mengaku tertarik dengan stiker karena karya yang mampu disimpan dimana saja‎. Ia pun memiliki ciri khas dalam membuat stiker, yaitu kata-kata romantis.

Tahun kedua ‘Merekat Erat’ ini sengaja memilih lokasi Yello Hotel Paskal karena dukungan yang diberikan begitu luar biasa. “Tahun lalu kami adalah disalah satu galeri seni di Kota Bandung,” tambahnya.

Dalam proses pengumpulan karya terbilang cepat, seorang musisi bisa memberikan 10 desain lebih. Setiap desain diproduksi lebih dari tiga, nantinya setiap satu stiker akan diarsipkan.

“Ada lebih dari 200 partisipan yang ingin berpartisipasi, tapi tidak bisa semua dipajang. Karya mereka yang belum berkesempatan akan di keep untuk Merekat Erat berikutnya,” bebernya.

Uniknya, setiap seniman bisa bertukar seni stiker untuk dijadikan kenang-kenangan. Lebih jauh, ada pengedukasian dalam proses pembuatan stiker dari seniman kepada pengujung.

“‎Semua yang datang tak hanya tamu hotel, masyarakat umum pun kami persilahkan,” imbuhnya.

Bagi yang ingin membeli stiker, hanya dibandrol Rp5.000 per stiker. Namun ada stiker limited edition yang diproduksi oleh seniman kelas dunia, bandrolnya pun bisa sampai jutaan rupiah.

(nda/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …