Angka Harapan Hidup di Kabupaten Bandung Barat Masih di Bawah Rata-Rata

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Meski ada peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya, angka harapan hidup di Bandung Barat masih di bawah rata-rata yaitu 69,39 tahun dari nasional yang menunjukkan angka 71.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengungkapkan, angka harapan hidup di Bandung Barat tidak mengalami kenaikan signifikan. Namun, pihaknya terus memperbaiki pelayanan kesehatan di sejumlah daerah agar harapan hidup terus bertambah.

“Memang fasilitas kesehatan itu bukan faktor utama untuk menunjang harapan hidup. Namun, cukup memengaruhi,” kata Hernawan, belum lama ini.

Hernawan menjelaskan, angka harapan hidup tertinggi di KBB berada di wilayah utara, seperti Kecamatan Lembang dan Parongpong. Sementara harapan hidup terendah berada di wilayah selatan, seperti Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Gununghalu, dan Rongga.

Menurut Hernawan, harapan hidup bisa bertambah jika masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat di lingkungannya.

“Banyak faktor yang memengaruhi, seperti kondisi ekonomi, tingkat pendidikan, dan lainnya. Tapi, paling utama ya pola hidup,” ujarnya.

Dia mengaku terus menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat melalui Gerakan Masyarakat Sehat. Masyarakat didorong untuk menjaga fisik dan lingkungan yang sehat guna mencegah datangnya berbagai penyakit.

Di musim ini misalnya, dia mengimbau agar masyarakat waspada terhadap berbagai penyakit, di antaranya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Menurut Hernawan, ISPA sering kali diabaikan lantaran cenderung terasa seperti penyakit ringan. Padahal jika dibiarkan, bisa menyebabkan tubuh bertambah parah hingga terserang bronchitis.

Penyakit tersebut bisa menyerang berbagai usia, dari anak-anak hingga usia lanjut. Namun yang paling rentan, yaitu balita lantaran daya tahan tubuh mereka masih lemah.

“Terutama untuk balita, penyakit ISPA ini harus diwaspadai para orangtua. Jika ada gejala-gejala tadi, segera periksakan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat,” katanya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …