Berdo’alah Seperti Nabi Ibrahim

Yadin Burhanudin (Dosen STAI Persis Bandung)

Yadin Burhanudin (Dosen STAI Persis Bandung)

Oleh Yadin Burhanudin (Dosen STAI Persis Bandung)

POJOKBANDUNG.com- Di dunia ini banyak hal yang  kita anggap mustahil. Salah satunya adalah yang dirasakan pasien gagal ginjal. Banyak di antara pasien gagal ginjal yang menganggap bahwa gagal ginjal mustahil disembuhkan.

Hal ini disebabkan secara medis penyakit ini tidak ada obatnya dan tidak mungkin sembuh. Silakan tanya ke dokter manapun, jawabannya saya yakin akan demikian.

Ditambah lagi, sampai saat ini secara faktual belum ada orang yang divonis gagal ginjal sembuh dari penyakitnya. Kalaupun ada cerita orang yang sembuh dari gagal ginjal, itu semua isapan jempol belaka.

Karena itu, tidak jarang di kalangan pasien gagal ginjal yang malas berikhtiar, termasuk malas berdoa untuk kesembuhan penyakitnya.

“Males berdo’a juga. Kan dokter bilang penyakit kita tidak bisa disembuhkan.” begitu alasan seorang pasien saat berbincang di sela-sela cuci darah.

Mungkin, di moment Djulhijjah ini, kita bisa meneladani Nabi Ibrahim, termasuk dalam berdo’a.

Di dalam al-Quran dikisahkan, Nabi Ibrahim memboyong anak dan istrinya ke sebuah lembah yang gersang, kering, dan tidak ada kehidupan. Tidak ada pepohonan dan juga sumber air.

Tapi seperti apa do’a Nabi Ibrahim?

“Ya tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya.” (QS. 2: 126)

Sepertinya, mustahil di lembah yang gersang tersedia makanan dan buah-buahan untuk konsumsi penduduknya.

Tapi apa yang terjadi, ternyata di sana terdapat sumber air yang berkah, sumur zam-zam, yang kelak menjadi mata air yang menjadikan negeri ini ramai didatangi orang. Dan kini, negeri tersebut menjadi negeri yang aman sentosa, makmur, kaya raya, yakni kota mekkah.

Dari sini kita bisa belajar, bahwa berdo’alah kepada Allah untuk mendapatkan kebaikan, meskipun hal itu mustahil di mata manusia. Kemustahilan adalah keterbatasan manusia. Sedangkan Allah adalah Zat yang Maha-tak terbatas.

(persis.or.id/pojokbandung)

loading...

Feeds

bandung

Aset Koperasi Capai Rp13 Triliun

POJOKBANDUNG.ID, BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan aset koprasi di Kota Bandung mencapai Rp13 triliun. Besaran nilai tersebut …

XL Axiata Pastikan Kemampuan Jaringan Data Meningkat

XL Axiata Tbk (XL Axiata) bersama dengan Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks telah berhasil menyelesaikanproyek pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut(SKKL) Australia-Indonesia-Singapura. Proyekpembangunan yang dimulai sejak Desember 2017 tersebut telah selesai pada kuartal ketiga 2018 dan langsung dimanfaatkan awal Oktober 2018. 

SOYJOY Ajak Ahli Gizi Update Keilmuan

Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang berkomitmen sejak dulu untuk memproduksi produk-produk sehat yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat banyak.