Rp 1,3 Miliar dari Netizen untuk Korban Gempa Bumi Lombok

Rumah warga di Lombok Utara porak poranda usai diguncang. Foto:jawapos

Rumah warga di Lombok Utara porak poranda usai diguncang. Foto:jawapos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Walikota Bandung Ridwan Kamil bakal menyerahkan dana hasil sumbangan warga dan netizen sebesar Rp1,3 miliar untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Rencananya, bantuan itu akan diserahkan langsung pada Kamis (16/8/2018) mendatang.


Pria yang akrab disapa Emil itu menyebutkan, dana bantuan dari masyarakat yang dikumpulkan melalui situs kitabisa.com itu sudah mencapai Rp1,3 miliar. Dana terkumpul hanya dalam waktu tiga hari dari target pengumpulan dana selama 30 hari. Namun, dia akan terus menanti sumbangan masyarakat hingga Kamis nanti dengan target bantuan terkumpul mencapai Rp1,5 miliar.

“Penggalangan dana kemanusiaan warga Bandung luar biasa, via online menyumbangkan dana. Ini adalah solidaritas rasa cinta kepada masyarakat Lombok. Itulah kemanusiaan. Pengumpulan secepat ini tidak akan terjadi tanpa digital. Itulah media sosial jika digunakan positif seperti penggalan dana ini,” tuturnya.

Dalam sosialisasi yang dilakukan Emil sebelumnya, pengumpulan dana bantuan korban gempa dilakukan selama 30 hari untuk mencapai Rp1 miliar. Namun, sumbangan dari masyarakat itu akan segera diberikan kepada korban gempa bumi di Lombok karena dinilai sudah mendesak dan jumlahnya telah melebihi target.

“Karena sudah urgent, jadi tidak perlu menunggu 30 hari sesuai dengan kampanye pengumpulan dananya untuk mencapai Rp1 miliar. Karena sudah melebihi target, kami akan langsung serahkan kepada korban bencana gempa di Lombok,” ungkap Emil.

Emil mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan sejumlah netizen yang telah menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu korban gempa di Lombok. Dia juga mengimbau kepada seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Bandung ikut memberikan dana bantuan bagi korban di Lombok sehingga target untuk mencapai Rp1,5 miliar pada Kamis nanti bisa tercapai.

“Jadi target yang akan kita bawa itu sekitar 1,5 miliar. Kami mengimbau kepada seluruh pimpinan SKPD, ASN, untuk menyisihkan sebelum hari Kamis. Pimpinan perbankan juga. Mudah-mudahan dukungan ini bisa meringankan sedikit beban korban gempa lombok yang luar biasa,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan Badan Geologi  memberikan bantuan berupa pemboran air tanah untuk memenuhi ketersediaan air bersih di beberapa lokasi di wilayah terdampak.

“Daerah bencana tersebut tersusun oleh endapan Kuarter berupa rombakan gunungapi muda (tuff, breksi gunungapi, lava) yang telah  mengalami pelapukan dan endapan aluvial pantai dan cenderung memperbesar guncangan gempa bumi,”kata Kasbani.

(job 3/azs)

 

Loading...

loading...

Feeds