FKTP Se-Kota Cimahi dan Bandung Barat Siap Menerapkan Rujukan Online

Pertemuan sosialisasi dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, Selasa (14/08/2018). Foto:Istimewa

Pertemuan sosialisasi dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, Selasa (14/08/2018). Foto:Istimewa

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan mengembangkan layanan rujukan online yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Peserta yang dirujuk dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) akan mendapat pelayanan lebih cepat karena rujukan yang telah di input di FKTP, langsung tercatat di FKRTL.

Demi kelancaran pelaksanaan sistem rujukan online, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi  mengadakan pertemuan sosialisasi dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se-Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, Selasa (14/08/2018).

Dalam pemaparannya, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Dian Arnaz mengungkapkan jika rujukan online ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan rujukan manual.

“Sistem rujukan online ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan. Nilai lebihnya, rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL, serta menggunakan digital documentation dimana data dari aplikasi P-Care di FKTP langsung terkoneksi ke FKRTL. Sehingga hal ini memudahkan analisa data calon pasien. Selain itu, karena paperless, jadi meminimalisir potensi kendala yang terjadi akibat pasien lupa membawa surat rujukan,” ungkap Dian.

Selain itu, Dian juga menambahkan standarisasi rujukan akan terpenuhi dengan adanya rujukan online ini, baik dari segi bentuk maupun prosedurnya. Dengan sistem ini, alur rujukan sebetulnya sama seperti saat menggunakan rujukan manual.

Hanya saja peserta JKN-KIS tidak perlu membawa surat rujukan dari FKTP menuju FKRTL yang dituju karena semua berbasis online. Peserta hanya menunjukkan kartu KIS atau bisa juga menggunakan KIS digital melalui Aplikasi Mobile JKN.

“FKTP harus memiliki sarana dan prasaran yang mendukung untuk penerapan sistem rujukan online ini. Jika tidak, sistem ini tidak akan berjalan efektif. Sistem rujukan ini tentunya memiliki banyak kelebihan khususnya dalam kecepatan akses pelayanan kesehatan baik nanti akan dirasakan oleh peserta dan juga oleh fasilitas kesehatan,” tambah Dian.

Selain itu, sistem ini juga bertujuan untuk mempercepat proses pelayanan kepada peserta di rumah sakit /FKRTL karena data yang diperlukan tidak perlu di entry ulang oleh pihak administrasi rumah sakit tempat peserta dirujuk. Dengan begitu akan secara otomatis akan mengurangi panjang antrian dan mempercepat dalam proses administrasi pelayanan peserta.

(ymi/pojokbandung)

loading...

Feeds

PKB Polisikan Ustad Yahya Waloni

Sekjend PKB Abdul Kadir Karding melaporkan Ustad Yahya Waloni ke Bareskrim karena pernyataannya dianggap menghina Megawati Soekarnoputri, Ma’ruf Amin dan …