PANdi : Prabowo dan Jokowi Bisa Lapor Ada Situs Harga Selangit

Penjualan situs JokowiMaruf.id

Penjualan situs JokowiMaruf.id

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengatakan bila ada pihak merasa keberatan dengan keberadaan website beralamatkan domain Indonesia, seperti prabowosandi.id, prabowosandiaga.id, dan jokowimaruf.id, maka PANDI akan memfasilitasinya.


Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah mengatakan pada prinsipnya untuk memiliki suatu domain tertentu itu dapat dilakukan berdasarkan siapa yang lebih dulu mendaftarkannya.

“Secara pendaftaran (domain Indonesia, seperti prabowosandi.id, prabowosandiaga.id, dan jokowimaruf.id) tak ada masalah, karena domain .id itu siapa yang lebih dulu, itu boleh memilikinya,” ujar Andi, Minggu (12/8/2018).

“Namun, harus ada itikad baik dalam mendaftarnya. Itikad baik ini seperti tidak melanggar hak orang lain. Terus, kalau ada yang jual dengan harga mahal ini juga bukan itikad baik. Kalau ada perselisihan, PANDI mempunyai mekanisme penyelesaiannya, tapi di sini kami sifatnya pasif,” sambungnya.

Dengan demikian, apabila ada pihak yang merasa rugi dengan adanya situs internet khusus untuk domain lokal yang dijual dengan harga selangit tersebut, maka bisa melaporkannya ke PANDI.

Di sisi lain juga, PANDI akan mengecek pemilik nama domain prabowosandi.id, prabowosandiaga.id, dan jokowimaruf.id yang menjual ini, terkait hubungan sang empunya website dengan Prabowo-Sandiaga atau Jokowi-Ma’Ruf Amin.

“Kalau ada yang mengajukan keberatan karena ada kepentingan legitimasi, misalnya dari timses Prabowo-Sandi itu bisa diajukan kepada PANDI,” ucapnya.

Nanti, proses penyelesaian perselisihan ini akan dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, ada juga tim panel yang terdiri dari ahli hukum, doktor, praktisi hukum merek, hingga akademisi untuk meninjau persoalan penggunaan nama domain tersebut.

Diberitakan sebelumnya, prabowosandi.id dan prabowosandiaga.id dijual dengan harga Rp 1 miliar. Sementara, jokowimaruf.id dibanderol lebih mahal mencapai Rp 2 miliar. Informasi penjualan websiter tersebut tertera jelas di halaman situs masing-masing.

(agt/detikcom/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …