Inilah 5 Kesalahan Kita yang Sering Dilakukan Saat Mandi

POJOKBANDUNG.com Demi menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh, setiap hari Anda diharuskan untuk mandi dua kali dalam sehari. Selain membersihkan tubuh, mandi bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh Anda, melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi tingkat stres.


Namun terkadang Anda tidak mengetahui bahwa ada beberapa hal yang Anda lakukan saat mandi kurang tepat bila dilakukan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang ketika mandi.
1. Anda menggosok tubuh terlalu sering

“Kecuali tubuh Anda tertutup kotoran (bekerja di luar sepanjang hari), satu-satunya tempat yang perlu terkena sabun adalah ketiak dan selangkangan Anda. Air melakukan pekerjaan untuk segala sesuatu yang lain bahkan setelah olahraga berat,” kata pendiri Digestive Center for Women in Chevy Chase, Maryland, Robynne Chutkan, MD, seperti dilansir laman Health, Selasa (2/2).

Selain itu minyak alami kulit Anda juga memiliki bakteri baik yang penting untuk kesehatan kulit.

2. Anda tidak sedang membersihkan pisau cukur Anda

“Pisau cukur bisa mengumpulkan bakteri dari kulit Anda dan kemudian kuman berkembang biak di kamar mandi. Itu sebabnya Anda harus membilasnya dengan air panas sebelum dan setelah penggunaan,” kata Sanford Vieder, MD, dari Lakes Urgent Care in Michigan.

Melewatkan langkah ini bisa membuat Anda berisiko infeksi, terutama jika Anda melukai diri sendiri.

Anda harus mengganti pisau cukur Anda sekali seminggu.

3. Anda tidak menggunakan alas kaki saat berada dipemandian umum

Memakai sepatu mandi atau sandal jepit ketika Anda berada dan keluar dari kamar mandi membantu menghindari kaki Anda terkena penyakit kulit seperti kutil.

4. Air terlalu panas

“Jika ada ton dan ton uap yang keluar, maka itu tanda bahwa Anda mandi terlalu panas,” kata dermatologi, Dr. Melissa Piliang, MD.”

Dr. Piliang memperingatkan bahwa panas bisa menyebabkan eksim.

Untuk mendapatkan efek menenangkan yang sama, Dr. Piliang merekomendasikan bahwa membiarkan uap membangun sebelum Anda melangkah di bawah air.

5. Anda menggunakan sabun yang keras

Anda mungkin menyukai perasaan bersih yang berasal dari sabun kulit Anda, tetapi sabun dengan agen antibakteri atau deterjen keras bisa lebih berbahaya untuk kulit Anda.

“Sensasi bersih terjadi ketika semua minyak alami telah dilucuti dari kulit. Sebaliknya, ketika minyak kulit keluar, mereka bertindak sebagai pelumas sehingga tangan Anda akan meluncur mulus di atas kulit,” kata Dr Piliang.

Terlebih lagi, triclosan, bahan antibakteri yang digunakan di beberapa sabun telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang lebih serius.(fny/fri/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Jokowi Bela Prabowo Super Maksimal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Prabowo yang sejak menjabat banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Menurut Jokowi, langkah Menteri Pertahanan …

Jalan Haji Gofur Menuju Cilame Putus

POJOKBANDUNG.com,CILAME – Jembatan Irigasi di Kampung Sukamaju RT 01 RW 01, Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah amblas, Selasa (21/1/2020). Akibatnya, penghubung …

Fabiano Beltrame Masih Butuh Waktu

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Fabiano Beltrame akhirnya bisa kembali bermain bersama Persib Bandung dalam pertandingan resmi. Fabiano tampil saat klub berjulukan Maung Bandung …

Oyo Group Bangun Penginapan Siluman

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Sebuah Hotel di Jalan Budi, Kelurahan Pasir kaliki, Kecamatan Cimahi Selatan, mendapatkan Peringatan (SP) pertama pemkot Cimahi. Pasalnya, …